STRATEGI MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA UMKM OPAK MELATI PANDEGLANG BANTEN

NURULALFI, NENDEN YERSI (2020) STRATEGI MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA UMKM OPAK MELATI PANDEGLANG BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
14. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The Internet or new media that are now widely used for business development are social media Facebook and Instagram. Both of these social media are very interested in businesses, especially Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to introduce and promote their selling products. However, not all MSMEs know and understand how the right and appropriate strategy in using social media for business. Opak Melati MSMEs are in Wakap Village, Sukaratu, Pandeglang Banten. Producing Opak flavors that already have halal certification, PIRT, and food certification from the Food and Drug Supervisory Agency. However, with the ability and strength they have, they only sell offline only in markets around Pandeglang and do not utilize social media in making sales. This is because of the actors of Opak Melati MSMEs' lack of education in using social media. This Final Project is aimed at providing education, training and mentoring to Opak Melati MSME practitioners on how to utilize Facebook and Instagram social media for business using Assifi and French Communication methods and based on the concept of social media management strategies such as setting targets, selecting species media, content management, use of captions, and evaluating content. As a result of the training and mentoring activities, Opak Melati MSME practitioners who previously did not have social media, currently have Facebook, FanPage, and Instagram social media accounts that have been filled with varied content and have 27 posts and 107 followers on Instagram Keywords: Management Strategy, Social Media, Opak Melati MSME Media internet atau media baru yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis adalah media sosial Facebook dan Instagram. Kedua media sosial tersebut sangat diminati oleh para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk jual mereka. Namun, tidak semua UMKM mengetahui dan memahami bagaimana strategi yang tepat dan sesuai dalam menggunakan media sosial untuk bisnis. UMKM Opak Melati berada di Kampung Wakap, Sukaratu, Pandeglang Banten. Memproduksi Opak varian rasa yang sudah memiliki sertifikasi halal, PIRT, dan sertifikasi makanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Namun dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, mereka hanya melakukan penjualan secara offline saja yaitu di pasar-pasar sekitar Pandeglang dan sama sekali tidak memanfaatkan media sosial dalam melakukan penjualannya. Hal ini dikarenakan para pelaku UMKM Opak Melati kurangnya edukasi dalam menggunakan media sosial. Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk memberikan edukasi, pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM Opak Melati mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial Facebook dan Instagram untuk bisnis dengan menggunakan metode Komunikasi Assifi dan French serta berdasarkan konsep strategi manajemen media sosial seperti menentukan target sasaran, pemilihan jenis media, pengelolaan konten, penggunaan caption, dan melakukan evaluasi terhadap konten. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini, para pelaku UMKM Opak Melati yang sebelumnya tidak memiliki media sosial, saat ini sudah memiliki akun media sosial Facebook, FanPage, dan Instagram yang telah diisi dengan konten-konten variatif dan memiliki 27 post serta 107 followers di Instagram. Kata Kunci: Strategi Manajemen, Media Sosial, UMKM Opak Melati

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 20 010
Call Number: SK/45/20/005
NIM/NIDN Creators: 44516010008
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen, Media Sosial, UMKM Opak Melati
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300.1-300.9 Standard Subdivisions of Social Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu-ilmu Sosial > 300.6 Organization and Management/Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 08 Dec 2021 10:41
Last Modified: 22 Jun 2023 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51634

Actions (login required)

View Item View Item