NURULALFI, NENDEN YERSI (2020) STRATEGI MANAJEMEN MEDIA SOSIAL PADA UMKM OPAK MELATI PANDEGLANG BANTEN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB VI)
14. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
The Internet or new media that are now widely used for business development are social media Facebook and Instagram. Both of these social media are very interested in businesses, especially Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to introduce and promote their selling products. However, not all MSMEs know and understand how the right and appropriate strategy in using social media for business. Opak Melati MSMEs are in Wakap Village, Sukaratu, Pandeglang Banten. Producing Opak flavors that already have halal certification, PIRT, and food certification from the Food and Drug Supervisory Agency. However, with the ability and strength they have, they only sell offline only in markets around Pandeglang and do not utilize social media in making sales. This is because of the actors of Opak Melati MSMEs' lack of education in using social media. This Final Project is aimed at providing education, training and mentoring to Opak Melati MSME practitioners on how to utilize Facebook and Instagram social media for business using Assifi and French Communication methods and based on the concept of social media management strategies such as setting targets, selecting species media, content management, use of captions, and evaluating content. As a result of the training and mentoring activities, Opak Melati MSME practitioners who previously did not have social media, currently have Facebook, FanPage, and Instagram social media accounts that have been filled with varied content and have 27 posts and 107 followers on Instagram Keywords: Management Strategy, Social Media, Opak Melati MSME Media internet atau media baru yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis adalah media sosial Facebook dan Instagram. Kedua media sosial tersebut sangat diminati oleh para pelaku usaha, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk jual mereka. Namun, tidak semua UMKM mengetahui dan memahami bagaimana strategi yang tepat dan sesuai dalam menggunakan media sosial untuk bisnis. UMKM Opak Melati berada di Kampung Wakap, Sukaratu, Pandeglang Banten. Memproduksi Opak varian rasa yang sudah memiliki sertifikasi halal, PIRT, dan sertifikasi makanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Namun dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, mereka hanya melakukan penjualan secara offline saja yaitu di pasar-pasar sekitar Pandeglang dan sama sekali tidak memanfaatkan media sosial dalam melakukan penjualannya. Hal ini dikarenakan para pelaku UMKM Opak Melati kurangnya edukasi dalam menggunakan media sosial. Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk memberikan edukasi, pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM Opak Melati mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial Facebook dan Instagram untuk bisnis dengan menggunakan metode Komunikasi Assifi dan French serta berdasarkan konsep strategi manajemen media sosial seperti menentukan target sasaran, pemilihan jenis media, pengelolaan konten, penggunaan caption, dan melakukan evaluasi terhadap konten. Hasil dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini, para pelaku UMKM Opak Melati yang sebelumnya tidak memiliki media sosial, saat ini sudah memiliki akun media sosial Facebook, FanPage, dan Instagram yang telah diisi dengan konten-konten variatif dan memiliki 27 post serta 107 followers di Instagram. Kata Kunci: Strategi Manajemen, Media Sosial, UMKM Opak Melati
Actions (login required)
View Item |