INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP PESAN EDUKASI KESEHATAN MENTAL PADA AKUN YOUTUBE MENJADI MANUSIA

MAHESWARI, ADINDA PUTRI (2023) INTERPRETASI KHALAYAK TERHADAP PESAN EDUKASI KESEHATAN MENTAL PADA AKUN YOUTUBE MENJADI MANUSIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (COVER)
01 COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

This study aims to determine the audience's interpretation of mental health education messages in the Youtube account Menjadi Manusia. This study uses the reception analysis research method proposed by Stuart Hall which places informants in dominant, negotiation, and opposition positions. This research uses a qualitative approach that is descriptive in nature. The paradigm used is the constructivism paradigm. Data collection in this study used in-depth interview techniques with 8 informants according to the criteria determined by the researcher. This research uses data source triangulation The results showed that there were informants who were in a dominant and negotiating position. Audiences who are in a dominant position are loyal viewers and some are not active viewers. Audiences in this position have experience in mental health disorders. Audiences who are in the negotiation position are not active viewers and not loyal viewers, so Menjadi Manusia is not the only source of information obtained. Informants have no experience of mental health disorders. Keywords : Audience Interpretation, Educational Messages, Mental Health, Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak terhadap pesan edukasi kesehatan mental dalam akun Youtube Menjadi Manusia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall yang menempatkan informan pada posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan merupakan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dengan 8 informan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat informan yang berada pada posisi dominan dan negosiasi. Khalayak yang berada pada posisi dominan merupakan penonton loyal dan sebagian bukan penonton aktif. Khalayak pada posisi ini mempunyai pengalaman pada gangguan kesehatan mental. Khalayak yang berada pada posisi negosiasi bukan penonton aktif dan bukan penonton loyal, sehingga Menjadi Manusia bukan satu-satunya sumber informasi yang didapatkan. Informan tidak memiliki pengalaman gangguan kesehatan mental. Kata Kunci : Interpretasi Khalayak, Pesan Edukasi, Kesehatan Mental, Youtube

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 140
Call Number: SK/42/23/086
NIM/NIDN Creators: 44219010083
Uncontrolled Keywords: Interpretasi Khalayak, Pesan Edukasi, Kesehatan Mental, Youtube
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:59
Last Modified: 19 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/81861

Actions (login required)

View Item View Item