RAMADHANTI, NABILAH (2021) ANALISIS RESEPSI ISI PESAN MUSIK BTS OLEH KOMUNITAS A.R.M.Y. INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Karya musik biasanya digunakan oleh musisi untuk menyampaikan sebuah pesan, yang diharapkan dapat diterima dan dipahami oleh pendengarnya. Penelitian ini berbicara tentang bagaimana pemaknaan khalayak terhadap isi teks media dapat terjadi. Dengan tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana isi pesan pada karya musik BTS yaitu series Love Yourself, dimaknai oleh komunitas penggemar setia mereka A.R.M.Y. Indonesia. Stuart Hall mengajukan pendekatan penelitian khalayak media yang dikenal sebagai reception studies, atau reception analysis. Yang berfokus pada bagaimana audiens yang berbeda-beda memaknai isi media sehingga lebih mengambil perspektif pada audiens (khalayak) daripada media itu sendiri. Hasil interpretasi khalayak kemudian dibagi ke dalam tiga pola pemikiran khalayak: Dominant, Negotiated, dan Oppositional Reading. Maka dari itu, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi berfokus pada proses decoding pesan. Pengumpulan data didapat melalui sesi wawancara mendalam bersama dengan narasumber yang merupakan anggota A.R.M.Y. Indonesia (INDOMY). Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman yang ada pada INDOMY dapat kita masukkan ke dalam pola pemikiran khalayak, yaitu Dominant Reading dan Negotiated Reading. Kemudian makna self-love yang dipahami oleh INDOMY dikategorikan ke dalam makna denotatif dan konotatif. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pemaknaan yang dilakukan oleh INDOMY dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: faktor karakteristik individu, pengetahuan, pengalaman, dan sentimental. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Decoding Pesan, Komunikasi Musik, BTS
Actions (login required)
View Item |