SARDI, SAPTA AGUS (2019) MODEL KOMUNIKASI INTERAKTIF PRAMUWISATA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Pada Akun Jakarta Good Guide Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Tahun 2017-2018). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
04. PERNYATAAN.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. DAFTAR TABEL.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (991kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Jakarta Good Guide is a tour guide group in the field of Tourism that focuses on marketing business entities in the historical city of Jakarta using social media technology Facebook and Instagram to build brand awareness. The purpose of this study is to reveal, answer, and explain creative messages, target markets, barriers, analysis of SOSTAC and SWOT, and produce guides for interactive communication models in building brand awareness on the Jakarta Good Guide account through Facebook and Instagram social media in 2017-2018. As the theoretical basis of this research using the theory of new media schools Pierre Levy explained about new media thinking there are two views of the approach in the media era, namely the approach of "social interaction" and the approach of "social integration". This study uses a constructivist paradigm, a qualitative descriptive approach with a case study research method. The informants in this study consisted of 8 people consisting of 4 main informants namely tour guides Jakarta Good Guide and 4 supporting informants namely tourists who had used JGG tour guides. Data collection by in-depth interviews and triangulation of data sources from supporting informants, direct observation and literature studies. Based on the results of this study, it was found that guide interactive communication in building brand awareness through Facebook and Instagram social media, needs to pay attention to creative message content, target markets and obstacles that occur in interactive communication. The target market of Jakarta Good Guide is foreign tourists and local tourists, by packing creative messages posted on Facebook and Instagram. To find out the success of the above strategy we need SOSTAC and SWOT analysis, and this research produces an interactive communication model of guides in building brand awareness on the Jakarta Good Guide account through Facebook and Instagram social media in 2017-2018. Keywords: Interactive Communication, New Media, Brand Awareness, SOSTAC Method, SWOT Analysis Jakarta Good Guide merupakan sebuah kelompok Pramuwisata pada bidang Pariwisata yang berfokus untuk memasarkan entitas bisnis destinasi sejarah kota Jakarta dengan menggunakan teknologi media sosial Facebook dan Instagram (tecno culture) untuk membangun brand awareness. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengungkap, menjawab, dan menjelaskan tentang pesan kreatif, pasar sasaran, hambatan, analisis SOSTAC dan SWOT, dan menghasilkan model komunikasi interaktif pramuwisata dalam membangun brand awareness pada akun Jakarta Good Guide melalui media sosial Facebook dan Instagram tahun 2017-2018. Sebagai landasan teori penelitian ini menggunakan teori new media mazhab Pierre Levy menjelaskan tentang pemikiran media baru terdapat dua pandangan pendekatan pada era media yaitu pendekatan “interaksi sosial” dan pendekatan “integrasi sosial”. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 8 orang terdiri dari 4 orang informan utama yaitu pramuwisata Jakarta Good Guide dan 4 orang informan pendukung yaitu wisatawan yang telah menggunakan jasa pramuwisata JGG. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan triangulasi sumber data dari informan pendukung, observasi langsung dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa komunikasi interaktif pramuwisata dalam membangun brand awareness melalui media sosial Facebook dan Instagram, perlu memperhatikan konten pesan kreatif, pasar sasaran dan hambatan yang terjadi dalam komunikasi interaktif. Pasar sasaran dari Jakarta Good Guide ini adalah wisatawan asing dan wisatawan lokal, dengan cara mengemas pesan kreatif yang diposting di Facebook dan Instagram. Untuk mengetahui keberhasilan dari strategi diatas diperlukannya analisis SOSTAC dan SWOT, dan penelitian ini menghasilkan sebuah model komunikasi interaktif pramuwisata dalam membangun brand awareness pada akun Jakarta Good Guide melalui media sosial Facebook dan Instagram tahun 2017-2018. Kata kunci: Komunikasi Interaktif, New Media, Brand Awareness, Metode SOSTAC, SWOT Analisis
Actions (login required)
View Item |