ANALISIS RESEPSI ISI PESAN MUSIK BTS OLEH KOMUNITAS A.R.M.Y. INDONESIA

RAMADHANTI, NABILAH (2021) ANALISIS RESEPSI ISI PESAN MUSIK BTS OLEH KOMUNITAS A.R.M.Y. INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Karya musik biasanya digunakan oleh musisi untuk menyampaikan sebuah pesan, yang diharapkan dapat diterima dan dipahami oleh pendengarnya. Penelitian ini berbicara tentang bagaimana pemaknaan khalayak terhadap isi teks media dapat terjadi. Dengan tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana isi pesan pada karya musik BTS yaitu series Love Yourself, dimaknai oleh komunitas penggemar setia mereka A.R.M.Y. Indonesia. Stuart Hall mengajukan pendekatan penelitian khalayak media yang dikenal sebagai reception studies, atau reception analysis. Yang berfokus pada bagaimana audiens yang berbeda-beda memaknai isi media sehingga lebih mengambil perspektif pada audiens (khalayak) daripada media itu sendiri. Hasil interpretasi khalayak kemudian dibagi ke dalam tiga pola pemikiran khalayak: Dominant, Negotiated, dan Oppositional Reading. Maka dari itu, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis resepsi berfokus pada proses decoding pesan. Pengumpulan data didapat melalui sesi wawancara mendalam bersama dengan narasumber yang merupakan anggota A.R.M.Y. Indonesia (INDOMY). Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman yang ada pada INDOMY dapat kita masukkan ke dalam pola pemikiran khalayak, yaitu Dominant Reading dan Negotiated Reading. Kemudian makna self-love yang dipahami oleh INDOMY dikategorikan ke dalam makna denotatif dan konotatif. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pemaknaan yang dilakukan oleh INDOMY dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: faktor karakteristik individu, pengetahuan, pengalaman, dan sentimental. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Decoding Pesan, Komunikasi Musik, BTS

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216010084
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Decoding Pesan, Komunikasi Musik, BTS
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:09
Last Modified: 17 Mar 2023 07:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75217

Actions (login required)

View Item View Item