STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI BRAND ACTIVATION MINIAPOLIS (Studi Kasus Event Marketing Miniapolis Periode 2018)

NURDIANA, ANDI (2019) STRATEGI EVENT MARKETING SEBAGAI BRAND ACTIVATION MINIAPOLIS (Studi Kasus Event Marketing Miniapolis Periode 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan (Persetujuan Skripsi, Lulus Sidang Skripsi, Perbaikan Skripsi).pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan tempat rekreasi yang menyajikan hiburan untuk keluarga, bukan hanya penting untuk mengedepankan fasilitas, tetapi juga harus mengembangkan aspek pelayanan hingga keamanan yang mengedepankan kenyamanan pelanggan. Di tengah maraknya meningkatkan komunikasi terhadap pelanggan demi membangun keterikatan melalui product experience, dibutuhkan salah satu bentuk aktivasi merek, salah satunya yang banyak dilakukan oleh perusahaan saat ini adalah event marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dari event marketing sebagai bentuk brand activation yang digunakan sebagai media promosi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, Komunikasi Pemasaran, Strategi event marketing dan konsep brand activation.Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam bersama narasumber, perwakilan dari divisi Marketing Miniapolis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis internal Miniapolis berangkat dari kebutuhan untuk meningkatkan brand awareness yang selanjutnya dilakukan beberapa strategi promosi, salah satunya pelaksanaan event. Dari beberapa strategi promosi yang dilakukan, event dianggap paling berpengaruh dan memberi dampak langsung dalam mendatangkan pelanggan baru, meningkatkan jumlah member hingga pendapatan perusahaan. Hal ini, dilakukan berdasarkan evaluasi yang juga dilakukan Miniapolis dengan kuesioner yang dibagikan kepada orang tua yang mengikuti event atau tanggapan langsung dari orang tua yang mayoritas menunjukkan tanggapan positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti bermaksud untuk memberikan saran yang ke depannya dapat digunakan dalam penelitian komunikasi khususnya yang berkaitan dengan pelaksanaan event, yakni dalam melaksanakan event yang sifatnya calendar of event, apabila event menjadi salah satu strategi promosi yang utama, sebaiknya akan lebih baik jika didampingi dengan riset yang mumpuni, atau akan lebih baik apabila perusahaan memiliki tim riset khusus untuk data dan analisisnya dapat menjadi pedoman dalam melakukan inovasi, selain menggunakan kuesioner yang hanya dilakukan setelah event berlangsung. Kata Kunci: Strategi Event Marketing, Event Marketing, Brand Activation

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 059
NIM/NIDN Creators: 44317110002
Uncontrolled Keywords: Strategi Event Marketing, Event Marketing, Brand Activation
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:48
Last Modified: 13 Mar 2023 04:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75055

Actions (login required)

View Item View Item