EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANSJAKARTA S41 RUTE PONDOK CABE - TANAH ABANG

MUKTI, HALI (2020) EVALUASI KINERJA PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG BUS TRANSJAKARTA S41 RUTE PONDOK CABE - TANAH ABANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman judul.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat Pernyataan.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar tabel.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar gambar.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar lampiran.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1 Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2 Tinjauan pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3 Metode penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4 Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)

Abstract

The Transjakarta Bus is a mass public transportation mode which has an important role in the economic development of the DKI Jakarta Province. As a policy tool, the Transjakarta Bus has been able to provide alternative options for transportation to switch modes from private vehicles or other public transportation. Transjakarta S41 currently still needs a lot of evaluation in its performance and services. The purpose of this study is to analyze the extent of performance and satisfaction of Transjakarta bus users. Data collection techniques in this study conducted a survey phase with observations that referred to the Director General of Land Transportation and direct interviews and questionnaires completed by the community of Transjakarta S41 bus users. Respondents were determined using the Slovin formula of 100 respondents. Based on the survey results, the results of the performance evaluation service showed that the load factor was still below the dynamic value of 70% while the passenger waiting time and the arrival time of the bus (headway) were greater, thus affecting the frequency value that affected the user Transjakarta S41 bus route Pondok Cabe-Tanah Abang. Conclusion The performance of the S41 tansjakarta bus Pondok Cabe - Tanah Abang route based on land transportation performance standard No.SK.687 / AJ.206 / DRJD / 2002 compared with the recapitulation results of the S41 tansjakarta bus operational performance obtained 40% that did not meet the standards and 60% that met the standard standard. Transjakarta bus passenger satisfaction S41 Pondok Cabe - Tanah Abang route which refers to the 6 service level dimensions, among others; security, safety, comfort, affordability, equality and regularity are quite satisfactory. Keyword: The Tranjakarta Bus, Performance, Statisfaction, Slovin Bus Transjakarta adalah moda transportasi angkutan umum massal yang memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian Provinsi DKI Jakarta.Bus Transjakartamerupakan salah satu moda transportasi unggulan yang dicetuskan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak lebih dari 14 tahun yang lalu, dalam rangka pengintegrasian pelaksanaan Pola Transportasi DKI Jakarta. Sebagai alat bantu kebijakan, Bus Transjakarta telah mampu memberikan alternatif pilihan bagi transportasi untuk beralih moda dari kendaraan pribadi maupun angkutan umum lainnya. Transjakarta S41 saat ini masih membutuhkan banyak evaluasi dalam kinerja dan pelayanannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sampai sejauh mana tingkat kinerja dan kepuasan pengguna bus transjakarta.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melakukan tahap survey dengan observasi yang mengacu kepada dirjen perhubungan darat dan wawancara secara langsung dan pengisian kuisioner oleh masyarakat pengguna bus Transjakarta S41. Penentuan responden dilakukan dengan rumus slovin sebanyak 100 responden Berdasarkan hasil survey, hasil evaluasi layanan kinerja ini menunjukkan bahwa nilai load factor masih dibawah angka dinamis70% sementara waktu tunggu penumpang dan waktu kedatangan bus (headway)lebih besar, sehingga mempengaruhi nilai frekuensi yang berdampak terhadap pengguna bus Transjakarta S41 rute Pondok Cabe-Tanah Abang. Kesimpulan Kinerja bus tansjakarta S41 rute Pondok Cabe – Tanah Abang berdasarkan standart kinerja perhubungan darat No.SK.687/AJ.206/DRJD/2002 dibandingkan dengan hasil Rekapitulasi kinerja Operasional bus tansjakarta S41 didapatkan 40% yang tidak memenuhi standart dan 60% yang memenuhi standart. Kepuasan penumpang bus transjakarta S41 rute Pondok Cabe – Tanah Abang yang mengacu kepada 6 dimensi tingat pelayanan antara lain ; keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan dan keteraturan didapatkan hasil rata-rata Cukup Puas Kata kunci : Bus Transjakarta, kinerja, kepuasan, slovin

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 132
NIM/NIDN Creators: 41114010006
Uncontrolled Keywords: Bus Transjakarta, kinerja, kepuasan, slovin
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:06
Last Modified: 02 May 2023 02:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73745

Actions (login required)

View Item View Item