MOTIF, MAKNA DAN PERILAKU PENGGEMAR TERHADAP IDOLA (STUDI FENOMENOLOGI ALFRED SCHUTZ PADA FANDOM ARMY DAN BTS)

ZASA, NABILA PUTRI (2021) MOTIF, MAKNA DAN PERILAKU PENGGEMAR TERHADAP IDOLA (STUDI FENOMENOLOGI ALFRED SCHUTZ PADA FANDOM ARMY DAN BTS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover - Nabila Putri Zasa.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1 - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2 - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3 - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4 - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5 - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran - Nabila Putri Zasa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Korean popular music (K-Pop) has become one of the most important forms of culture in recent years. The growth of K-Pop music also affected the growth of the fan community. The K-Pop fan community is arguably one of the most unique, organized, and collective fandoms (Lizzy, 2012). This study examines the motives and meanings of idols for their fans. Researcher will focus on ARMY, the fandom for boy group BTS, whose presence is spread across various cities and countries. The research is conducted for one year and five months, starting from September 2019 to January 2021. The research concept used refers to the concept of group communication. Group communication is a communication process that occurs face-to-face between 3 people or more where members interact with each other. There is no definite number of members, 2- 3 people or 20-30 people (Huraerah: 2006). This research refers to the constructivist paradigm. The research was conducted using qualitative research methods. The data analysis technique used in this research is qualitative data analysis, namely by presenting the results of interviews and conducting analyzes, and drawing conclusions on the information found so that a clear picture of the object of research will be obtained and conclusions will be drawn. The results showed that there are two big motives on why ARMY liked BTS: 1) Music, 2) Personality of the members. Meanwhile, the meaning of BTS for their fans, ARMY, is divided into three major groups: 1) The informants saw BTS as friends who were with them through the ups and downs. 2) Source of motivation and inspiration 3) Source of comfort. Key words: Group communication, fans motive, idol, K-Pop Musik populer Korea (K-Pop) telah menjadi salah satu bentuk budaya paling penting dalam beberapa tahun terakhir. Berkembangnya musik K-Pop juga berdampak pada semakin besarnya komunitas penggemar. Komunitas penggemar K-Pop bisa dibilang salah satu fandom paling unik, terorganisir, dan kolektif (Lizzy, 2012). Penelitian ini mengkaji motif dan makna idola bagi penggemarnya. Peneliti akan berfokus pada penggemar di dalam fandom group K-Pop bernama BTS yang disebut ARMY, yang keberadaannya tersebar di berbagai kota dan negara. Waktu pengerjaan riset penelitian dilakukan selama satu tahun lima bulan, dimulai dari September 2019 hingga Januari 2021. Konsep penelitian yang digunakan mengacu pada konsep komunikasi kelompok. Komunikasi kelompok merupakan proses komunikasi yang berlangsung 3 orang atau lebih secara tatap muka dimana anggota-anggotanya saling berinteraksi satu sama lain. Tidak ada jumlah batasan anggota yang pasti, 2-3 orang atau 20-30 orang (Huraerah: 2006). Penelitian ini mengacu pada paradigma konstruktivis. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu dengan cara menyajikan hasil wawancara dan melakukan analisis serta menarik kesimpulan terhadap informasi yang ditemukan di lapangan sehingga akan diperoleh gambaran yang jelas tentang objek yang diteliti dan kemudian akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua alasan besar motif ARMY menyukai BTS yaitu: 1) Musik, 2) Kepribadian anggota BTS. Sementara makna BTS bagi penggemar terbagi menjadi tiga kelompok besar: 1) Narasumber melihat BTS sebagai teman yang bersama mereka dalam melewati masa-masa senang dan sedih. 2) Sumber kekuatan (motivasi) dan inspirasi bagi narasumber. 3) Sumber kenyamanan. Kata Kunci: Komunikasi kelompok, motif penggemar, makna idola, K-Pop

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44218120063
Uncontrolled Keywords: Komunikasi kelompok, motif penggemar, makna idola, K-Pop
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:51
Last Modified: 18 Mar 2022 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58275

Actions (login required)

View Item View Item