PENGELOLAAN ETIKA PESAN AKUN @LAMBE_TURAH DALAM KEHIDUPAN ARTIS

NADYA, CHITRA AYU (2021) PENGELOLAAN ETIKA PESAN AKUN @LAMBE_TURAH DALAM KEHIDUPAN ARTIS. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. cover.pdf

Download (946kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Instagram is a social media that is becoming a new industry. This is widely used by the community, no longer to find out about news out there, but often Instagram is used for business matters, so the message conveyed must also use good ethics. This study aims to determine the ethical management of messages carried out by @Lambe_Turah on Instagram in the artist' s life. This study use a constructivist paradigm with a case study method and Max Weber's theory of social action. The researcher used in-depth interviews with one informant of social media expert in Indonesia and observes Instagram @Lambe_Turah content it self, such as content of feed, instagram story and also comments from public in form documentation. Technical analysis with data reduction, data display, and verification. Triangulation source is data validity checking techniques of this study. The results showed that the ethics in social media were being violated by @Lambe_Turah as well as the main conflicts that made this account viral. The suggestion is to remain consistent in the content and be able to develop even more in the entertainment industry, stick to the existing ethical lines in Indonesia and have representatives of legal entities in order to avoid legal cases in the future. The next researcher can compare the management of anonymous accounts such as @Lambe_Turah or can research other communication theories on the @Lambe_Turah account. Keywords: Instagram, Social Media, Ethics, Social Action, Artist. Instagram merupakan media sosial yang sedang menjadi industri baru. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, tidak lagi untuk mengetahui berita-berita yang ada di luar sana, tetapi seringkali Instagram digunakan untuk urusan bisnis, sehingga pesan yang disampaikan juga harus menggunakan etika yang santun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan etika pesan yang dilakukan @Lambe_Turah di Instagram nya dalam kehidupan artis. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode studi kasus dan menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dengan salah satu informan ahli media sosial di Indonesia dan mengamati konten Instagram @Lambe_Turah itu sendiri, seperti konten home feed, Instagram Story dan juga komentar dari masyarakat dalam bentuk dokumentasi. Analisis teknis dengan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi. Triangulasi sumber adalah teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan etika dalam media sosial yang dilanggar oleh @Lambe Turah serta konflik utama yang membuat akun ini viral. Sarannya adalah untuk dapat menjadi pembelajaran bagi para pengelola akun @Lambe_Turah agar tetap konsisten pada kontennya dan dapat mengembangkan lebih besar lagi di industri entertainment, tetap pada jalur etika yang ada di Indonesia dan memiliki perwakilan badan hukum yang legal, agar menghindari kasus hukum di kemudian hari. Peneliti selanjutnya dapat membandingkan pengelolaan akun anonim seperti @Lambe_Turah atau bisa meneliti teori-teori komunikasi lainnya di akun @Lambe_Turah. Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Etika, Tindakan Sosial, Artis

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55217110049
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media Sosial, Etika, Tindakan Sosial, Artis
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:21
Last Modified: 12 Jul 2024 07:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50419

Actions (login required)

View Item View Item