STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL (BPKN) DALAM MENSOSIALISASIKAN CALL CENTER 153

RIZKITA, DAMIA (2019) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL (BPKN) DALAM MENSOSIALISASIKAN CALL CENTER 153. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Hal Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.Kata Pengantar Damia.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI FIX.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB II)
11.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
12.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB IV)
13.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (BAB V)
14.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

National Law of Consumer Protection made for powerful law resource for the government and consumer protection organization to empower consumers by information availability and consumers development. Furthermore, The Government create National Consumer Protection Agency (BPKN). One of their facility is Call Center 153, unfortunately this facility is far away from its purpose, because BPKN itself still not recognizable by our people. Therefore, it needs good communication strategy because that Call Center 153 will able to reach it purpose properly. While the method used in this research is descriptive method with qualitative descriptive research type. This research use Constructivism Paradigm. Data collection techniques were conducted by conducting in-depth interviews with several resource persons and secondary data obtained from the literature relating to the problem under study. Subject for this research is Communication and Education Division. The results of this study discusses the strategic stages of strategy formulation. Implementation of strategy and evaluation. Thus, the researchers were able to obtain a description of the communication strategy used communication strategy. This result that communication strategy that used by BPKN is using social media, press release, partnership with others organization in forms of paid advertising or information signage collaborative. UU Perlindungan Konsumen dimaksudkan menjadi landasan hukum yang kuat untuk pemerintah dan lembaga perlindungan konsumen untuk melakukan pemberdayaan konsumen melalui ketersediaan informasi dan pembinaan konsumen. Oleh karena itu Pemerintah membuat Badan Nasional Perlindungan Konsumen. Lebih lanjut. Salah satu fasilitas dari BPKN adalah Call Center 153, namun sayangnya fasilitas ini masih jauh dari kata berhasil dikarenakan belum banyaknya masyarakat yang mengetahui fasilitas tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan strategi komunikasi yang baik agar Call Center 153 BPKN bisa mendapatkan hasil sebagaimana mestinya. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengetahui strategi komunikasi yang dibutuhkan informasi dan data-data dalam penelitian. Peneliti ini menggunakan jenis metode wawancara mendalam karena merupakan suatu strategi analisis mendalam dengan pokok masalah apa atau apakah, bagaimana atau mengapa. Subyek yang menjadi sumber informasi adalah Bagian Komunikasi dan Edukasi. Hasil penelitian ini membahas tentang tahapan strategi yaitu perumusan strategi. Implementasi strategi dan evaluasi. Dengan demikian, peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang dipakai Bagian Komunikasi dan Edukasi BPKN dalam mensosialisasikan Call Center 153. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan adalah dengan menggunakan media sosial, press release, serta bekerja sama dengan instansi lain dalam bentuk iklan berbayar dan kerjasama pemasangan informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 18 161
Call Number: SK/42/18/187
NIM/NIDN Creators: 44214120063
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PERLINDUNGAN KONSUMEN NASIONAL (BPKN) DALAM MENSOSIALISASIKAN CALL CENTER 153
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.222 Nonverbal Communication/Komunikasi Nonverbal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.22 Kinds of Communication/Jenis-jenis Komunikasi > 302.224 Verbal Communication/Komunikasi Verbal > 302.2244 Written Communication/Komunikasi Tertulis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 May 2019 04:45
Last Modified: 22 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47962

Actions (login required)

View Item View Item