PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN KREATIF SEBAGAI MEDIA BRANDING PADA UMKM BAKSO TEBAR MARET 2023 - ULI 2024

PRATOMO, ACHMAD RIHA (2024) PENDAMPINGAN PRODUKSI KONTEN KREATIF SEBAGAI MEDIA BRANDING PADA UMKM BAKSO TEBAR MARET 2023 - ULI 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text (BAB VI)
07 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The development of communication technology, particularly social media in the digital era, has seen many UMKM relying on social media, especially Instagram, for digital marketing activities and increasing brand awareness. A concrete example is the UMKM Bakso Tebar, which focuses on enhancing brand awareness through content creators on their Instagram account. To achieve this goal, proper planning and strategy are needed to leverage the potential of social media. This activity utilizes the Content Marketing concept method by Kleinld and Burlow in producing content, which includes concept, idea, promotion, and content distribution. This method will help Team and UMKM partners achieve the UMKM goal of brand awareness or identity for Bakso Tebar. The results of this mentoring show a significant difference in the type of content production from before the management and mentoring to after the mentoring. The partners can now produce content much better, similar to UMKM businesses transitioning to the digital era of social media. Keywords: Digital Marketing, Social Media Content Creator, Creative Content, Instagram, Brand Awareness Perkembangan teknologi komunikasi, terutama media sosial di era digital, telah membuat banyak UMKM mengandalkan media sosial, khususnya Instagram, untuk kegiatan pemasaran digital dan meningkatkan kesadaran merek. Contoh konkret adalah UMKM Bakso Tebar, yang berfokus pada peningkatan kesadaran merek melalui konten kreator di akun Instagram mereka. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan perencanaan dan strategi yang tepat untuk memaksimalkan potensi media sosial. Kegiatan ini memanfaatkan metode konsep Content Marketing menurut Kleinld dan Burlow dalam memproduksi konten, yang meliputi konsep, ide, promosi, dan distribusi konten. Metode ini akan membantu Tim dan mitra UMKM mencapai tujuan UMKM berupa kesadaran merek atau identitas untuk Bakso Tebar. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam jenis produksi konten sebelum dan sesudah manajemen serta pendampingan. Mitra kini dapat memproduksi konten dengan jauh lebih baik, mirip dengan bisnis UMKM lainnya yang beralih ke era digital media sosial. Kata Kunci: Pemasaran Digital, Konten Kreator Sosial Media, Konten Kreatif Kesadaran Merek.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 24 026
NIM/NIDN Creators: 44520010030
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Digital, Konten Kreator Sosial Media, Konten Kreatif Kesadaran Merek.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:51
Last Modified: 27 Sep 2024 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91852

Actions (login required)

View Item View Item