JEANITI, YOAN ISEY (2017) Makna Jajanan Sehat Produk INACO di Facebook (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Tagar Jajanan Sehat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1_Hal Cover.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3_Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
||
Text (BAB II)
4_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text (BAB III)
5_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text (BAB IV)
6_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text (BAB V)
7_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
Abstract
Pesan merupakan suatu elemen penting dalam komunikasi untuk menghasilkan makna bagi penerimanya. Penggunaan tagar seperti yang ada di Facebook Sahabat INACO yaitu tagar jajanan sehat pun menjadi elemen penting yang menarik untuk diteliti. Kata “Jajanan Sehat” sendiri memiliki dua makna yang saling bertolak belakang berdasarkan makna denotatifnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna kedua yang tersembunyi diperlukan analisis makna konotatif menggunakan metode Roland Barthes.Berdasarkan hasil penelitian, makna pesan jajanan sehat pada konten iklan Sahabat INACO ini merujuk kepada suatu cemilan yang dianggap sebagai sahabat ketika target sasarannya membutuhkan suasana yang ingin mengembalikan kembali kesehatan mereka. Makna tersebut diperoleh dari berbagai konsep yang terdapat dalam berbagai aspek pada konten iklan itu sendiri. Saran dari penelitian ini sendiri adalah penguatan makna bisa diperoleh dari data ilmiah, penggunaan tanda harus bisa diasosiasikan dengan merek itu sendiri dan dilakukan dengan benar, kontruksi realitas tidak boleh menyesatkan dan harus dilakukan kembali pengkajian mitos sebelum membuat pesan yang akan menampilkan citra iklan merek tersebut. Kata kunci untuk penelitian ini adalah Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Tagar. Bibiliografi : 71 acuan, Tahun 1977 2017 Pesan merupakan suatu elemen penting dalam komunikasi untuk menghasilkan makna bagi penerimanya. Penggunaan tagar seperti yang ada di Facebook Sahabat INACO yaitu tagar jajanan sehat pun menjadi elemen penting yang menarik untuk diteliti. Kata “Jajanan Sehat” sendiri memiliki dua makna yang saling bertolak belakang berdasarkan makna denotatifnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna kedua yang tersembunyi diperlukan analisis makna konotatif menggunakan metode Roland Barthes.Berdasarkan hasil penelitian, makna pesan jajanan sehat pada konten iklan Sahabat INACO ini merujuk kepada suatu cemilan yang dianggap sebagai sahabat ketika target sasarannya membutuhkan suasana yang ingin mengembalikan kembali kesehatan mereka. Makna tersebut diperoleh dari berbagai konsep yang terdapat dalam berbagai aspek pada konten iklan itu sendiri. Saran dari penelitian ini sendiri adalah penguatan makna bisa diperoleh dari data ilmiah, penggunaan tanda harus bisa diasosiasikan dengan merek itu sendiri dan dilakukan dengan benar, kontruksi realitas tidak boleh menyesatkan dan harus dilakukan kembali pengkajian mitos sebelum membuat pesan yang akan menampilkan citra iklan merek tersebut. Kata kunci untuk penelitian ini adalah Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Tagar.
Actions (login required)
View Item |