PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BRAND KOMUNITAS POLYGLOT INDOESIA di KALANGAN PEMINAT BAHASA ASING (STUDI KASUS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOMUNITAS POLYGLOT INDONESIA)

OKTAVISENA, RISTI (2019) PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK IDENTITAS BRAND KOMUNITAS POLYGLOT INDOESIA di KALANGAN PEMINAT BAHASA ASING (STUDI KASUS PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOMUNITAS POLYGLOT INDONESIA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. cover skripsi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Pernyataan Karya Sendiri.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesehan.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. Kata Pengantar.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GRAFIK)
7. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Semakin berkembangnya sosial media di era serba cepat seperti saat ini memungkinkan setiap orang untuk dapat terhubung tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Melalui smartphone, kita dapat mengakses informasi apapun dengan serba cepat, pelayanan kebutuhan yang serba praktis, hingga hiburan yang tiada batas. Maraknya sosial media tidak hanya dimanfaatkan oleh individu yang membutuhkan hiburan atau kesenangan belaka. Komunitas ataupun organisasi profit lainnya juga memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi dan membentuk branding identitasnya. Melalui informasi yang dibagikan dengan memanfaatkan sosial media, komunitas mampu menjaring lebih banyak follower atau publik yang memiliki kesamaan minat terhadap suatu hal. Dalam pemanfaatannya, sosial media memiliki kemiripan dengan jenis komunikasi massa. Dimana dalam pemanfaatanya dapat menjaring publik secara serempak dan waktu yang bersamaan. Teori uses and gratifications meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa atau sumber-sumber lain yang membawa pada pola terpaan media yang berlainan. Hasil penelitian melihat bahwa agar komunitas dapat menjaga identitas brand yang telah terbentuk, komunitas harus memaksimalkan interaksi dengan para pengikut dalam sosial media serta memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat pada media baru yang kini semakin berkembang pesat hari demi hari. Adapun konsep yang dapat diaplikasikan dalam pengelolaan brand identitas melalui sosial media adalah engagement, features and tools usage, storytelling, informational content, aesthetic, impression management, interactivity dan objectivity. Pada akhirnya, jika suatu komunitas dapat memilih dan memanfaatkan sosial media sesuai dengan target audiensnya, komunitas dapat secara berkesinambungan menciptakan dan memelihara brand identitas yang telah terbentuk melalui unggahan konten yang menarik, berisikan informasi yang dapat mengembangkan kognitif pengikutnya, serta berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan komunitas. Kata kunci: sosial media, komunitas, identitas brand

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 334
Call Number: SK/42/19/088
NIM/NIDN Creators: 44214120123
Uncontrolled Keywords: sosial media, komunitas, identitas brand
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 18 Mar 2023 05:43
Last Modified: 18 Mar 2023 05:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75271

Actions (login required)

View Item View Item