OKTAPIYANI, REZA (2019) "PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI BUDAYA KOREAN POP (K-POP)". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB II)
9. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
Text (BAB III)
10. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
Abstract
Korea Selatan merupakan salah satu negara yang dianggap berhasil dalam mempromosikan produk budaya yang dimilikinya. Korea Selatan menggunakan produk budaya dalam Korean Wave sebagai sumber soft power negaranya karena popularitasnya yang tinggi hingga ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Penyebaran produk budaya dalam Korean Wave yang sampai ke negaranegara tersebut tidak terlepas dari keberadaan new media seperti YouTube. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dengan menggunakan teori teori Uses and Gratifications yang menekankan posisi pengaruh yang terbatas, teori ini melihat media mempunyai pengaruh terbatas karena pengguna mampu memilih dan mengendalikan.Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai Penggunaan YouTube sebagai Media Informasi Budaya Korean Pop (K-pop). Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata YouTube sebagai media baru mampu memberikan informasi musik Korea, media YouTube tidak hanya mampu memberikan informasi musik Korea tapi segala hal yang menyangkut dengan budaya populer Korea dapat ditemukan di YouTube. Kata Kunci: Korean Pop, Youtube, Budaya
Actions (login required)
View Item |