LIE, LIEM HEN (2008) ANALISA PENGARUH FAKTOR-FAKTOR EKUITAS MEREK BERDASARKAN PELANGGAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG MEREK (Studi Kasus Pada Produk Telepon Seluler Merek Nokia, Motorola, dan Sony Ericsson di Kota Serang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
cover luar.doc.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
abstrak indo.doc.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract)
abstrak.doc.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
PENGESAHAN KARYA AKHIR.doc.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
PERNYATAAN.doc.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR.doc.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.doc.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
Daftar Lampiran.doc.pdf Download (50kB) | Preview |
|
Text (Bab 1 - 6)
Bab I sd VI.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (Lampiran)
Lampiran Hasil Analisis Regresi Linier Berganda.doc.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari dimensi-dimensi ekuitas merek terhadap prilaku konsumen dalam pembelian ulang telepon seluler di kota Serang. Penelitian ini berdasarkan model dari Aaker yang di kenal dengan Ekuitas Merek Berdasarkan Pelanggan. Ekuitas merek dapat dipandang dari konsep manajerial, konsep keuangan, dan konsep persepsi konsumen. Secara garis besar konsep ekuitas merek berdasarkan pelanggan dapat dikelompokan atas kesetiaan merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek. Pada penelitian ini, kami mengukur ekuitas merek terhadap tiga merek besar telepon seluler di Serang. Ada pun tiga merek tersebut yaitu Nokia, Motorola, dan Sony Ericsson. Setelah dilakukan pengujian terhadap jawaban dari 270 responden yang terdiri dari 169 pria dan 101 wanita dengan menggunakan metode analisis regresi liniear berganda, dari penelitian ini didapat bahwa: Nilai F hitung sebesar 72,757 berarti lebih besar dari F tabel (2,41). Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kesetiaan merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek secara bersama-sama terhadap pembelian ulang merek telepon seluler di kota Serang. Dengan demikian hipotesis H1 diterima. Hal ini menunjukan bahwa kesetiaan merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan asosiasi merek memiliki pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu, perusahaan seharusnya menaruh perhatian utama pada hal-hal tersebut dalam persaingan yang semakin ketat diantara produsen telepon seluler. Juga para menajer pemasaran seharusnya mempertimbangkan pentingnya dimensi-dimensi ekuitas merek dalam usaha mereka meningkatkan penjualan produknya. This research aims to examine the impact of dimensions brand equity on the consumer’s behavior in repurchasing mobile phone in Serang. This research is based on Aaker’s model called Customer-Based Brand Equity (CBBE). Brand equity can be regarded as a managerial concept, as a financial intangible asset, as a relationship concept or as a customer-based concept from the perspective of the individual consumer. The main asset dimensions of customer-based brand equity can be grouped into brand loyalty, brand awareness, perceived quality and brand associations. In this research, we measure the brand equity of three major mobile phones brand in the Serang market. Those mobile phones brands include Nokia, Motorola, and Sony Ericsson. After an examination of 270 respondents consist of 169 are men and 101 are women by means of multiple linear regression method, the study found that: Fcount value is 72,757 meaning that it is larger than Ftable (2.41). This indicates that there are significant concurrent effects of brand loyalty factors along with the brand awareness, perceived quality, and brand association of mobile phones towards the consumer’s behavior in repurchasing mobile phones in Serang. Thus, hypothesis H1 is accepted. The findings show that brand loyalty, brand awareness, perceived quality and brand associations has a significant effect. Therefore, companies should take it into first account because there occurs a tight competition among mobile phone producers. Marketing managers should consider the relative importance of brand equity dimensions in their effort to increase sale their product.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-08-056 |
NIM/NIDN Creators: | 55106110142 |
Uncontrolled Keywords: | MPS, Manajemen Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | MELATI CAHYA FITRIANI |
Date Deposited: | 23 May 2022 07:47 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 07:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61585 |
Actions (login required)
View Item |