PENGARUH IKLAN WEBSERIES GRAB “JODOH ITU DEKAT” TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN GRAB (Studi Pada Mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana Angkatan 2016 – 2018)

WICAKSANTI, APRILIA ADHA (2020) PENGARUH IKLAN WEBSERIES GRAB “JODOH ITU DEKAT” TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN GRAB (Studi Pada Mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana Angkatan 2016 – 2018). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Judul.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Originalitas.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
Kata Pengantar.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
Daftar Tabel.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
Daftar Gambar.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
Daftar Lampiran.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

Lately, marketers are increasingly doing advertising by utilizing the use of the internet. One popular online advertising concept is web series advertising. This strategy was then carried out by Grab by releasing advertisements in the form of a web series titled "Jodoh Itu Dekat" on Youtube which aims to attract audiences so that they use their services. The purpose of this research is to find out whether there is an influence between the Grab web series advertisement "Jodoh Itu Dekat" on the decision to use the Grab service. The theory used is stimulus-response theory. The study uses a quantitative approach with survey methods. Sampling using non-probability sampling techniques with the type of purposive sampling and respondents selected were 100 students of the faculty of communication at Mercu Buana University class of 2016-2018 who have watched the ad. The results showed the value of t-hitung was 7.835> t-table 1.984 so it was said that the Grab web series advertisement "Jodoh Itu Dekat" had an influence on the decision to use Grab services and the effect was 38.5%. From the results of this research, it is suggested that Grab can improve the quality of advertisements by paying more attention to the selection of backsounds or soundtracks advertising so that later advertisements will be more attached to the minds of the audience. Keywords: Web Series Advertising, Service Use Decisions, Grab Belakangan ini para pemasar semakin gencar melakukan periklanan dengan memanfaatkan penggunaan internet. Mereka berlomba untuk merancang dan menciptakan konsep iklan yang kreatif agar mampu menarik minat khalayak. Salah satu konsep iklan online yang popular adalah iklan webseries. Strategi ini diikuti oleh Grab dengan merilis sebuah iklan webseries berjudul “Jodoh Itu Dekat” di Youtube yang bertujuan untuk menarik khalayak agar mereka menggunakan layanannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Iklan Webseries Grab “Jodoh Itu Dekat” terhadap keputusan penggunaan layanan Grab. Teori yang digunakan adalah teori stimulus – respons. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dan responden yang dipilih sebanyak 100 orang Mahasiswa/i FIKOM Universitas Mercu Buana angkatan 2016 – 2018 yang pernah menonton iklan tersebut. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung sebesar 7,835 > t tabel 1,984 sehingga dikatakan bahwa iklan webseries Grab “Jodoh Itu Dekat” berpengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan Grab dan pengaruh yang diberikan sebesar 38,5%. Dari hasil penelitian tersebut, disarankan agar pihak Grab dapat meningkatkan kualitas iklan dengan lebih memperhatikan pemilihan backsound ataupun soundtrack iklan sehingga nantinya iklan akan lebih melekat dibenak audiens. Kata Kunci: Iklan Webseries, Keputusan Penggunaan Layanan, Grab

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 029
Call Number: SK/43/21/046
NIM/NIDN Creators: 44316010080
Uncontrolled Keywords: Iklan Webseries, Keputusan Penggunaan Layanan, Grab
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 May 2022 07:09
Last Modified: 10 Feb 2023 08:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61269

Actions (login required)

View Item View Item