EVALUASI KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE SERVQUAL DAN QFD (Studi pada Kawasan Wisata Kampung Naga Tasikmalaya)

SOLICHIN, GILANG RIVANI (2020) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE SERVQUAL DAN QFD (Studi pada Kawasan Wisata Kampung Naga Tasikmalaya). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This research is used to determine the attributes of customer satisfaction with the Kampung Naga tourism area, evaluate and provide improved quality of Kampung Naga tourism area service based on consumer needs and expectations. The object of this research is the visitor of the Kampung Naga tourism area. The data collection technique was done by questionnaire distribution to 98 respondents. The Service Quality (Servqual) method is used to measure the gap value between perceptions and customer expectations, the design of a cartesian diagram that connects the level of customer perceptions and expectations, so that service attributes of service quality that really need to improve immediately and Quality Function Deployment (QFD) to fix improved service quality. The results of the research are indicating that the negative Servqual value, this indicates that the quality of the Kampung Naga tourism area has not provided satisfactory results. The main priority as a proposal to improve the quality of service is the guide and guard carry out their duties according to the SOP, make a checklist sheet to record daily activities and be filled 2x a day, and change uniforms every day to make it look neat and clean. Keywords : Kampung Naga tourism area, Service Quality, IPA, QFD Penelitian ini digunakan untuk mengetahui atribut-atribut kepuasan pengunjung terhadap layanan Kawasan Wisata Kampung Naga, melakukan evaluasi serta memberikan usulan perbaikan kualitas layanan Kawasan Wisata Kampung Naga berdasarkan kebutuhan dan harapan pengunjung. Objek penelitian ini adalah para pengunjung Kawasan Wisata Kampung Naga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 98 responden. Metode Service Quality (Servqual) digunakan untuk mengukur nilai kesenjangan antara persepsi dan harapan nasabah, perancangan diagram kartesius yang menghubungkan antara tingkat persepsi dan harapan nasabah, sehingga diperoleh atribut layanan yang benar-benar membutuhkan peningkatan kualitas layanan dengan segera dan Quality Function Deployment (QFD) untuk merancang usulan perbaikan kualitas layanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Servqual negatif, hal ini menunjukan bahwa kualitas layanan Kawasan Wisata Kampung Naga belum memberikan hasil yang memuaskan. Prioritas utama sebagai usulan perbaikan kualitas layanan adalah pemandu dan penjaga menjalankan tugasnya sesuai SOP, membuat checklist sheet untuk catatan aktifitas harian dan diisi sehari 2x, dan mengganti seragam setiap hari agar terlihat rapi dan bersih. Kata Kunci : Kawasan Wisata Kampung Naga, Kualitas Layanan, IPA, QFD

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 20 252
Call Number: SE/31/21/305
NIM/NIDN Creators: 43115120025
Additional Information: Kawasan Wisata Kampung Naga, Kualitas Layanan, IPA, QFD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.16 Recreational Services/Layanan Rekreasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 710 Civic and Lanscape Art/Seni Perkotaan dan Pertamanan > 711 Area Planning/Perencanaan Wilayah Perkotaan dan Pertamanan > 711.5 Plans for Specific Kinds of Areas/Perencanaan untuk Jenis Area Tertentu > 711.56 Recreational Areas/Area Rekreasi
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.9 Historical, Geographic, Persons Treatment/Perawatan, Historis, Geografi > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 07 Jan 2022 01:15
Last Modified: 25 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53769

Actions (login required)

View Item View Item