PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIVE MERRY RIANA TERHADAP MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA (Survey Terhadap Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jurusan Broadcasting 2016)

SITUMORANG, ANASTASIA ASTUTI (2020) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIVE MERRY RIANA TERHADAP MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA (Survey Terhadap Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jurusan Broadcasting 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
03. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
04. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
05. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB V)
06. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)

Abstract

The development of social media is currently advancing, one of them is YouTube. Youtube is a Google service that facilities users to upload videos and it can be accessed by anyone in the world. Videos on YouTube channel has a variety of content, one of them is motivation. Motivation is an impulse, desire or even so great interest in oneself, to achieve a desire, goals and purpose. Everyone needs motivation for themselves, this research is conducted to find out the effect of Merry Riana Youtube Content Impression on the Self-Motivation of Mercu Buana University 2016 Broadcasting Department Students. This study uses the Theory of Uses and Gratifications. This theory suggests that the background of the problem found in this theory is not how the media change people's behavior, but how the media become a necessity for the public to fulfill their needs. This study uses a quantitative aproach with explanatory research type. The method used is a survey method in which this method is a research that takes the main sample from a population of data using a questionnaire question or questionnaire as a tool of collecting data. Based on the results of the study show that the probability level of 0.000 is smaller than the significance level of 0.05 (significance level sign = 5%) which means Ho is rejected and Ha is accepted. Or it can be concluded that there is a significant influence between Merry Riana Persuasive Communication on Student Self-Development Motivation, with a correlation number of 0.366, which indicates that the level of correlation (correlation) in this study is relatively weak. Keywords : Youtube Content, Self-Development Motivation Perkembangan media sosial saat ini semakin maju, salah satunya youtube. Dimana youtube merupakan salah satu layanan Google yang mengfasilitaskan penggunanya untuk meng-upload video dan bisa diakses oleh pengguna yang lain dari seluruh dunia. Video di channel youtube memiliki beragam konten, salah satunya adalah motivasi. Motivasi merupakan sebuah dorongan, hasrat atau pun minat yang begitu besar di dalam diri, untuk mencapai suatu keinginan, cita-cita dan tujuan tertentu. Setiap orang membutuhkan motivasi untuk dirinya sendiri, Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui adanya Pengaruh Tayangan Konten Youtube Merry Riana Terhadap Motivasi Pengembangan Diri Mahasiswa Universitas mercu Buana Jurusan Broadcasting 2016. Penelitian ini menggunakan Teori Uses And Gratifications. Teori ini mengemukakan bahwa yang menjadi latar belakang masalah ditemukan diteori ini, bukanlah bagaimana media berubah perilaku khalayak, tetapi bagaimana media menjadi sarana kebutuhan bagi khalayak memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dimana metode ini merupakan penelitian yang mengambil sampel pokok dari suatu populasi data menggunakan angket pertanyaan atau kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Bedasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa tingkat probabilitas sebesar 0.000 yakni lebih kecil dari nilai taraf signifikasi sebesar 0.05 (taraf signifikasi  = 5%) yang berartu Ho ditolak dan Ha diterima. Ataupun dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Persuasif Merry Riana Terhadap Motivasi Pengembangan Diri Mahasiswa, dengan angka korelasi 0.366, yang menunjukan bahwa tingkat hubungan (korelasi) pada penelitian ini tergolong lemah. Kata Kunci : Konten Youtube, Motivasi Pengembangan Diri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 20 098
NIM/NIDN Creators: 44116010016
Uncontrolled Keywords: Konten Youtube, Motivasi Pengembangan Diri.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:25
Last Modified: 10 Mar 2023 04:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49964

Actions (login required)

View Item View Item