HADI, TOMMI PRASTYA (2019) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Kasus : Ruas Jalan KH Hasyim Ashari, Tangerang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar pernyataan.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar pengesahan.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (996kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas ialah peristiwa yang terjadi pada suatu pergerakan lalu lintas akibat adanya kesalahan pada sistem pembentuk lalu lintas yang melibatkan manusia sebagai pengemudi, kendaraan, jalan, dan lingkungan sekitar yang menimbulkan kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi di jalan KH Hasyim Ashari dan lokasi yang menjadi black spot serta dapat diperoleh solusi untuk mengatasi dan bahkan mencegah terjadinya kecelakaan di ruas jalan KH Hasyim Ashari. Penelitian ini juga membahas kinerja jalan KH Hasyim Ashari. Berdasarkan hasil analisis, jumlah kecelakaan di ruas jalan KH Hasyim Ashari terbanyak dari tahun 2015-2019 terjadi pada tahun 2017 dengan jumlah 23 kejadian yang meyebabkan 1 korban meninggal dunia, 60 korban luka berat, dan 87 korban luka ringan. Tahun 2018, sepeda motor menjadi kendaraan paling banyak terlibat yaitu 65,85% (27 kendaraan), kecelakaan tertinggi terjadi pada pukul 00.00-06.00 WIB dengan 9 kejadian. Dari 21 titik kecelakaan dikelompokkan menjadi 9 segmen jalan yang 5 diantara menjadi lokasi black spot. Faktor utama pengaruh kecelakaan adalah lengah, baik dari manusia maupun dari lingkungan. Selain itu, penyebab kecelakaan lainnya adalah kondisi jalan yang tidak 100% baik melainnya adanya beberapa lubang dan bekas tambalan yang menyebabkan jalan menjadi tidak rata, kemudian kondisi ketidaktersediannya rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan juga menjadi faktor pengaruh kecelakaan lalu lintas di jalan KH Hasyim Ashari. Volume arus lalu lintas terpadat untuk arah Ciledug ke Cipondoh terjadi pada hari Jum’at sore yaitu pukul 17.00 – 18.00 yaitu sebesar 1516 smp/jam dan untuk arah Cipondoh ke Ciledug terjadi pada hari Jum’at pagi yaitu pukul 07.00 – 08.00 yaitu sebesar 1669 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan dari dua arah masih berada di bawah 0,6 yaitu sebesar 0,452 untuk arah Ciledug ke Cipondoh dan 0,498 untuk arah sebaliknya. Berdasarkan hasil ini maka Level of Service jalan KH Hasyim Ashari berada di tingkat A dengan karakteristik lalu lintas memiliki arus yang bebas, volume rendah, dan kecepatan tinggi sehingga pengemudi dapat memilih kecepatan yang dikehendaki. Kata kunci : kecelakaan, black spot, Hasyim Ashari, volume, kinerja.
Actions (login required)
View Item |