PENGARUH INFLUENCER MARKETING TIKTOK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND 3SECOND (Survey Pada Followers Pengguna Media Sosial Di akun Tiktok @its3second)

SEPTIAN, RIZKY (2025) PENGARUH INFLUENCER MARKETING TIKTOK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND 3SECOND (Survey Pada Followers Pengguna Media Sosial Di akun Tiktok @its3second). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Social media has changed the modern marketing landscape, giving brands away to reach consumers and their audiences effectively. Currently, trends oftenemerge, one of which is using influencer marketing as a marketing technique for abrand. The #NotSoOldSchool campaign by 3Second on TikTok shows quitesignificant popularity and is one of the campaigns that attracts attention on theplatform. This study was conducted to determine how much influence TikTok Influencer Marketing has in influencing purchasing decisions on the 3Second brand. Thisresearch method uses a quantitative descriptive method. Based on the results of the research and discussion conducted by the researcher, the results show that the influence of Influencer Marketing has a weak influence, based on the influence of Influencer Marketing on Purchasing Decisions is 0.172or 17.2%, while the remaining 82.2% is the influence of other variables not examined in this study. Keywords: Influencer Marketing, Purchasing Decisions, 3Second, Tiktok Media sosial telah mengubah lanskap pemasaran modern, memberikan brandbrand cara untuk menjangkau konsumen dan audiensnya dengan efektif. Saat ini tren seringkali bermunculan, salah satunya adalah dengan menggunakan influencer marketing sebagai teknik marketing bagi sebuah brand. Kampanye#NotSoOldSchool oleh 3Second di TikTok menunjukkan popularitas yang cukupsignifikan dan menjadi salah satu kampanye yang menarik perhatian di platformtersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Influencer Marketing tiktok dalam mempengaruhi keputusan pemeblian pada brand 3Second. Metode penelitian ini mennggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yag dilakukan peneliti, hasil menunjukkan pengaruh Influencer Marketing memiliki pengaruh yang lemah, berdasarkan pengaruh dari Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelianadalah sebesar 0,172 atau 17,2%, sedangkan sisanya 82.2% merupakan pengaruhdari variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kata kunci : Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, 3Second, Tiktok

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 25 053
NIM/NIDN Creators: 44321010095
Uncontrolled Keywords: Influencer Marketing, Keputusan Pembelian, 3Second, Tiktok
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.23 Acquisition Through Purchase/Akuisisi Melalui Pembelian
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 153 Conscious Mental Process and Intelligence/Intelegensia, Kecerdasan Proses Intelektual dan Mental > 153.8 Will, Volition/Kemauan > 153.83 Choice and Decision/Pilihan dan Keputusan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 920 Biography, Obituary/Biografi, Obituari > 929 Genealogy, names, insignia > 929.9 Forms of Identifications/Bentuk-bentuk Identifikasi > 929.95 Service arks and Trademarks/Tanda Layanan dan Merk
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:49
Last Modified: 16 Jul 2025 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/96098

Actions (login required)

View Item View Item