ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TWITTER @kopkenbotol PADA KAMPANYE #HANYAUNTUKMUINDONESIA TERHADAP CITRA BRAND

CAHYODIWANGSA, ALLANDO (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TWITTER @kopkenbotol PADA KAMPANYE #HANYAUNTUKMUINDONESIA TERHADAP CITRA BRAND. S1 thesis, UNIVERSITAS MERCU BUANA - BUNCIT.

[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 01 COVER.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 02 BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 03 BAB 2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 04 BAB 3.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 05 BAB 4.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 06 BAB 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
44219210046 - Allando Cahyodiwangsa - 08 LAMPIRAN.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Citra brand atau merek merupakan persepsi konsumen terhadap suatu merek yang tercipta dari berbagai macam asosiasi yang ada dalam ingatan konsumen. Untuk membuat atau menjaga citra brand yang positif di masyarakat, dapat dilakukan dengan menjalankan sebuah kampanye di media sosial. Kampanye merupakan suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat atau menciptakan efek positif terhadap khalayak. Hal ini pun dilakukan oleh Kopi Kenangan bersamaan dengan HUT Republik Indonesia, kampanye ini dijalankan dengan kolaborasi dengan artist NFT bernama Karafuru. Di media sosial Kopi Kenangan atau lebih spesifiknya Twitter, kampanye ini di meriahkan dengan tagar #HanyaUntukmuIndonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis serta mengetahui bagaimana khalayak memahami pesan yang disampaikan oleh kampanye Kopi Kenangan dan bagaimana pandangan khalayak terhadap citra brand setelah melihat kampanye tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan bantuan analisis resepsi serta teori encoding – decoding Stuart Hall. Teori dari Stuart Hall terbagi menjadi tiga kategori yaitu hegemonic-dominan, negosiasi dan oposisi, dan untuk menghubungkan hasil analisis resepsi dengan citra brand, peneliti menggunakan teori citra brand milik Kevin Lane Keller yang terdiri dari tiga indikator yaitu kekuatan asosiasi merek, keunggulan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan cara wawancara serta data sekunder dikumpulkan dengan studi Pustaka. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa khalayak pada posisi dominan hegemonik menerima dan setuju dengan pesan yang disampaikan. Khalayak pada posisi negosiasi menerima pesan yang disampaikan tetapi tidak sepenuhnya karena dirinya memiliki pandangan tersendiri Dan khalayak yang berada pada posisi oposisi artinya mereka tidak menerima atau memiliki kesamaan dengan pesan yang disampaikan, atau bahkan mungkin menolak pesan tersebut karena memiliki pengertian tersendiri.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219210046
Uncontrolled Keywords: Kampanye, Kopi Kenangan, Twitter, Analisis Resepsi, Khalayak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 04 Mar 2025 07:20
Last Modified: 04 Mar 2025 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94641

Actions (login required)

View Item View Item