Makna Jajanan Sehat Produk INACO di Facebook (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Tagar Jajanan Sehat)

JEANITI, YOAN ISEY (2017) Makna Jajanan Sehat Produk INACO di Facebook (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Tagar Jajanan Sehat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1_Hal Cover.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
4_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB III)
5_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB IV)
6_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB V)
7_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Pesan merupakan suatu elemen penting dalam komunikasi untuk menghasilkan makna bagi penerimanya. Penggunaan tagar seperti yang ada di Facebook Sahabat INACO yaitu tagar jajanan sehat pun menjadi elemen penting yang menarik untuk diteliti. Kata “Jajanan Sehat” sendiri memiliki dua makna yang saling bertolak belakang berdasarkan makna denotatifnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna kedua yang tersembunyi diperlukan analisis makna konotatif menggunakan metode Roland Barthes.Berdasarkan hasil penelitian, makna pesan jajanan sehat pada konten iklan Sahabat INACO ini merujuk kepada suatu cemilan yang dianggap sebagai sahabat ketika target sasarannya membutuhkan suasana yang ingin mengembalikan kembali kesehatan mereka. Makna tersebut diperoleh dari berbagai konsep yang terdapat dalam berbagai aspek pada konten iklan itu sendiri. Saran dari penelitian ini sendiri adalah penguatan makna bisa diperoleh dari data ilmiah, penggunaan tanda harus bisa diasosiasikan dengan merek itu sendiri dan dilakukan dengan benar, kontruksi realitas tidak boleh menyesatkan dan harus dilakukan kembali pengkajian mitos sebelum membuat pesan yang akan menampilkan citra iklan merek tersebut. Kata kunci untuk penelitian ini adalah Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Tagar. Bibiliografi : 71 acuan, Tahun 1977 2017 Pesan merupakan suatu elemen penting dalam komunikasi untuk menghasilkan makna bagi penerimanya. Penggunaan tagar seperti yang ada di Facebook Sahabat INACO yaitu tagar jajanan sehat pun menjadi elemen penting yang menarik untuk diteliti. Kata “Jajanan Sehat” sendiri memiliki dua makna yang saling bertolak belakang berdasarkan makna denotatifnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui makna kedua yang tersembunyi diperlukan analisis makna konotatif menggunakan metode Roland Barthes.Berdasarkan hasil penelitian, makna pesan jajanan sehat pada konten iklan Sahabat INACO ini merujuk kepada suatu cemilan yang dianggap sebagai sahabat ketika target sasarannya membutuhkan suasana yang ingin mengembalikan kembali kesehatan mereka. Makna tersebut diperoleh dari berbagai konsep yang terdapat dalam berbagai aspek pada konten iklan itu sendiri. Saran dari penelitian ini sendiri adalah penguatan makna bisa diperoleh dari data ilmiah, penggunaan tanda harus bisa diasosiasikan dengan merek itu sendiri dan dilakukan dengan benar, kontruksi realitas tidak boleh menyesatkan dan harus dilakukan kembali pengkajian mitos sebelum membuat pesan yang akan menampilkan citra iklan merek tersebut. Kata kunci untuk penelitian ini adalah Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Tagar.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 062
NIM/NIDN Creators: 44315110035
Uncontrolled Keywords: Analisis, Produk
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 07 May 2024 08:42
Last Modified: 07 May 2024 08:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88585

Actions (login required)

View Item View Item