Strategi Customer Retention Marketing PT. Elken Indonesia Dalam Mempertahankan Pelanggan Tahun 2018

UMAYAH, SITI (2019) Strategi Customer Retention Marketing PT. Elken Indonesia Dalam Mempertahankan Pelanggan Tahun 2018. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
04. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
07. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (BAB II)
09. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB III)
010. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
011. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB V)
012. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
013. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
014. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

This thesis discusses how a company takes care of customers or Customer Retention to retain customers in 2018. This research is motivated by Multi Level Marketing business competition, then PT. Elken Indonesia as one of the companies that until now is still successful in conducting business in the MLM sector has a strategy in an effort to spoil customers and handle customer complaints that keep customers loyal from 1999 to 2019 now. This study aims to find out how a company carries out customer care or Customer Retention to retain its customers. This research is focused on implementing CRM and handling consumer complaints by having 2 namely General Manager and Sales Processing. This research also uses IDIC theory (Identification, Differentiation, Interaction, Customization). This study uses a qualitative approach with the research method used is a case study by conducting structured interviews with informants or informants. Based on research that has been done, it is obtained that PT. Elken Indonesia has implemented CRM and has been running well. This can be seen from the policies that have been made and service improvements to customers, both in handling customer complaints and maintaining customers by PT. Elken Indonesia in meeting the needs and desires of customers. From this study it can be concluded that PT. Elken Indonesia has implemented CRM and has been running well. Skripsi ini membahas tentang bagaimana sebuah perusahaan merawat pelanggan atau Customer Retention untuk mempertahankan pelanggan tahun 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi pada persaingan usaha Multi Level Marketing, maka PT. Elken Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang sampai saat ini masih berhasil dalam menjalankan bisnis di bidang MLM memiliki strategi dalam upaya memanjakan pelanggan dan menangani keluhan pelanggan yang membuat pelanggannya tetap setia dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2019 sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah perusahaan melakukan perawatan pelanggan atau Customer Retention untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini difokuskan pada penerapan CRM dan penanganan keluhan para konsumen dengan memiliki 2 yaitu General Manager dan Sales Processing. Penelitian ini juga menggunakan teori IDIC (Identification, Differentiation, Interaction, Customization). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara terstruktur terhadap informan atau narasumber. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa PT. Elken Indonesia sudah melakukan penerapan CRM dan sudah berjalan baik. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan yang telah dibuat dan perbaikan pelayanan terhadap pelanggan, baik dalam penanganan keluhan pelanggan maupun mempertahankan pelanggan oleh PT. Elken Indonesia didalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PT. Elken Indonesia sudah melakukan penerapan CRM dan sudah berjalan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 204
NIM/NIDN Creators: 44315010059
Uncontrolled Keywords: Strategi Customer Retention Marketing PT. Elken Indonesia Dalam Mempertahankan Pelanggan Tahun 2018
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:18
Last Modified: 29 Mar 2023 07:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75670

Actions (login required)

View Item View Item