PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING CHACHA THAIB

NURHAQIQI, NURHAQIQI (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING CHACHA THAIB. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)

Abstract

Personal branding has the aim of increasing one’s credibility and self-image, and this is important for a selebgram to have. To be able to form a strong personal branding, it is necessary to have good and effective communication, so that the message conveyed can be well received by the audience. Instagram is a social media that is very loved by their wider community, this makes selebgram use Instagram to build and shape tehir own personal branding. The theory has 9 components of personal branding , namely value/ value, skill/ expertise, behavior/ behavior, /uniqueness, achievement/ achievement, authentic/ authentic, total look/ appearance, strength /strength and goals /goals. The type of research used in this research is descriptive and qualitative research methods. The research paradigm used is post-positivism by using triangulation of data sources. The data collection technique used in this study was through in-depth interviews with 4 informants (1 key informant and 3 informants). Based on the results of the study, it was found that Chacha Thaib in forming personal branding on his personal Instagram, has 9 components in forming personal branding, namely his valuein becoming a celebrity, his skills/ expertise in the fashion, behavior/ behavior as it is, uniqueness /His uniqueness in dressing and writing captions using his talents, his achievementsin collaborating with brands and publishing his own books, authentic/ authentic whose characteristics represent himself, his total look/ appearance which is always simple and stand out, strengthin good appearance and always being humble , especially to those who follow him on Instagram and their goals/goals are to collaborate and collaborate with brands . Keywords: Personal branding, sosial media of Instagram, selebgram Personal branding memiliki tujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan citra diri seseorang, dan hal ini penting untuk dimiliki juga oleh seorang selebgram. Untuk dapat membentuk personal branding yang kuat, maka perlu adanya komunikasi yang baik dan efektif, agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh khalayak. Instagram merupakan media sosial yang sangat digandrungi oleh masyarakat luas, hal ini membuat selebgram menggunakan Instagram dalam membangun dan membentuk personal branding-nya sendiri. Teori 9 komponen personal branding yaitu value/nilai, skill/Keahlian, behavior/perilaku, uniqueness/Keunikan, achievement/prestasi, authentic/otentik, total look/penampilan, strength/kekuatan dan goal/tujuan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode penelitian kualitatif. Paradigma penelitian yang digunakan adalah postpositivisme dengan menggunakan triangulasi sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam terhadap 4 narasumber (1 key informan dan 3 informan). Berdasarkan hasil penelitian menemukan bahwa Chacha Thaib dalam membentuk personal branding di Instagram pribadi miliknya, memiliki 9 komponen dalam membentuk personal branding-nya yaitu value/nilainya dalam menjadi seorang selebgram, skill/Keahliannya dalam dunia fashion, behavior/perilakunya yang apa adanya, uniqueness/Keunikannya dalam berpakaian dan menulis caption dengan menggunakan bakatnya, achievement/prestasinya dalam berkolaborasi dengan brandbrand besar dan menerbitkan buku karyanya sendiri, authentic/otentik yang karakteristiknya mewakili dirinya sendiri, total look/penampilannya yang selalu simple dan stand out, strength/kekuatannya dalam berpenampilan dan selalu being humble terutama pada para mengikutnya di Instagram dan goal/tujuannya yang ingin bekerjasama dan berkolaborasi dengan brand-brand besar lainnya. Kata Kunci : Personal branding, media sosial Instagram, selebgram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 199
NIM/NIDN Creators: 44215120083
Uncontrolled Keywords: Personal branding, media sosial Instagram, selebgram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1 Personal Success in Business/Sukses Pribadi dalam Bisnis
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:53
Last Modified: 30 Jan 2023 02:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73828

Actions (login required)

View Item View Item