SOCIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEDRO INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19 PERIODE 2020-2021

FAHRUROZI, MUHAMAD ALI (2022) SOCIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PEDRO INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19 PERIODE 2020-2021. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

The COVID-19 pandemic has forced companies to switch marketing communications that were previously done offline to now online. Every product and service of a company when you want to introduce yourself to the public, of course you need a name or brand. In introducing yourself, of course, you need a place, in an era that is all digital and as an adaptation to the conditions of the covid - 19 pandemic, marketing through social media is a tool used by companies in running their business. One of the companies in Indonesia that uses social media asa means to carry out its marketing communications is PEDRO Indonesia. Currently, the social media used by PEDRO Indonesia are Instagram, Facebook, and Whatsapp. Based on this background description, the purpose of this research is to find out PEDRO Indonesia's marketing communication strategy through social media marketing.The theoretical basis used in this research is marketing communication theory, strategy concept, segmenting theory, targeting and positioning, and new media theory. The researcher uses the post positivism paradigm in this study. The research used is a qualitative research method with a descriptive approach. The data in this studyare divided into two, namely primary data and secondary data. Data collection is done by in-depth interviews (in depth). This study uses data triangulation techniques to test the validity of the data. The results of this study indicate that PEDRO Indonesia's marketing communication strategy is carried out through social media marketing, namely by using social media Facebook, Instagram and Whatsapp. A form of marketing communication by using promo campaigns and paid marketing to build awareness and get impressions from consumers. Key Word : Marketing Communications, Sosial Media Marketing Masa pandemi covid-19 memaksa perusahaan melakukan peralihan komunikasi pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara offline kini dilakukan secara online. Setiap produk dan jasa dari sebuah perusahaan ketika ingin memperkenal diri kepadapublik tentu membutuhkan suatu nama atau brand. Dalam memperkenalkan diri tentu membutuhkan suatu wadah, di zaman yang serba digital dan sebagai adaptasi dari kondisi pandemi covid -19, maka pemasaran melalui media sosial menjadi alat yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya. Salah satu perusahaan di Indonesia yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan komunikasi pemasarannya adalah PEDRO Indonesia. Saat ini media sosial yang digunakan oleh PEDRO Indonesia yaitu Instagram, Facebook, dan Whatsapp. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran PEDRO Indonesia melalui sosial media marketing. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan pembahasan variabel yang diteliti berdasarkan jurnal, artikel dan buku yang dikutup dari para ahli mengenai teori komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran yang mencakup advertising, direct marketing, internet marketing, sales promotion, public relations dan personal selling, konsep strategi, teori segmenting, targeting dan positioning, dan teori new media Peneliti menggunakan paradigma post positivisme pada penelitian ini. Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in depth). Penelitian ini menggunakan tehnik triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran PEDRO Indonesia dilakukan melalui sosial media marketing yaitu dengan menggunakan media sosial Facebook, Instagram dan Whatsapp. Bentuk komunikasi pemasaran dengan menggunakan campaign promo dan paid marketing untuk membangun awareness dan mendapatkan impression dari konsumen. Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Media Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 094
NIM/NIDN Creators: 44317020001
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:36
Last Modified: 30 Jan 2023 02:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73827

Actions (login required)

View Item View Item