FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna Go-Pay)

PRABANDARI, MAY DENA (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENGGUNAKAN UANG ELEKTRONIK DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Pengguna Go-Pay). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
(1) Halaman Judul.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4) Abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
(2) Lembar Pernyataan.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
(3) Lembar Pengesahan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
(5) Kata Pengantar.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
(6) Daftar Isi.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
(7) Daftar Tabel.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
(8) Daftar Gambar.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
(9) Daftar Lampiran.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
(10) Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB II)
(11) Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
(12) Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
(13) Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB V)
(14) Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
(15) Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
(16) Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

The Technology has been growing very fast especially in the economic growth in Indonesia, and one them is the payment system. Non-cash payment systems can also called is the electronic money has been growing very fast along with the development of payment system technology. Based on the results of a survey conducted by YouGov Indonesia in 2018, Go-Pay is one of the most popular electronic money and by user by the public. The purpose of this study is to determine the effect of Attitude Toward Using on Intention to Use by observing perceived ease of use, Perceived Usefulness, and Trust. The subjects in this study is using Go-Pay users in West Jakarta. The sample used in this study is 250 respondents. The sampling method is done by convenience sampling method. This study is using SEM data analysis techniques and data processing using Partial Least Square (PLS). The results of this study showed that Perceived Ease of Use has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Perceived Usefulness has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Trust has a significant positive effect on the Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use positive dose not have significant effect on the Intention to Use, Perceived Usefulness has a significant positive effect on the Intention to Use, Trust has a significant positive effect on the Intention to Use, Attitude Toward Using positive does not have effect on the Intention to Use. Keyword: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Trust, Attitude Toward Using, Intention to Use, Go-Pay. Teknologi saat ini memiliki perkembangan yang pesat dan mengalami peningkatan pada bidang perekonomian di Indonesia salah satunya adalah sistem pembayaran. Sistem pembayaran nontunai atau bisa disebut uang elektronik berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi sistem pembayaran. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh YouGov Indonesia pada tahun 2018, Go-Pay merupakan uang elektronik yang terpopuler serta paling banyak diminati publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap Penggunaan terhadap Minat Menggunakan dengan memperhatikan Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, dan Kepercayaan. Subjek pada penelitian ini adalah pengguna Go-Pay di Jakarta Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 250 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data SEM dan pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap Penggunaan, Persepsi Kemudahan positif tidak sigifikan terhadap Minat Menggunakan, Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan, Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menggunakan, serta Sikap Penggunaan positif tidak signifikan terhadap Minat Menggunakan. Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Sikap Penggunaan, Minat Menggunakan, Go-Pay.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SE/31/20/018
NIM: 43116010130
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan, Sikap Penggunaan, Minat Menggunakan, Go-Pay.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 332 Financial Economics, Finance/Ekonomi Keuangan dan Finansial, Ekonomi Biaya dan Pembiayaan > 332.4 Money/Uang
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.7 Management of Supplies/Manajemen Persediaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:19
Last Modified: 10 Dec 2020 05:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55162

Actions (login required)

View Item View Item