MOTIF DAN INTERAKSI PENGGUNA MEDIA KOMUNIKASI PENCARIAN JODOH DARING DI TANGERANG (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Tinder)

HERIANI, PUTRI (2019) MOTIF DAN INTERAKSI PENGGUNA MEDIA KOMUNIKASI PENCARIAN JODOH DARING DI TANGERANG (Studi Fenomenologi Pengguna Aplikasi Tinder). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. Cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
9. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB 2)
10. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB 3)
11. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB 4)
12. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
13 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)

Abstract

Almost all human needs are currently available in digital form even to the problem of romance needs. Especially with the high mobility and busyness of each individual, especially in the world of work, making some of us sometimes forget or not even take the time to take care of matters relating to romance. So how do humans today with a busy activity but can still find a lover? One solution to the question that arises from the problem above is to use an online dating application. Various applications available on smartphones can be downloaded by users according to their needs. Tinder is an online dating application that has been designed in such a way as to help users find potential partners in a specific area. This study aims to determine the motives and interactions that are carried out by Tinder users themselves. This study uses the theory of phenomenology Alferd Schutz with the constructivist paradigm and qualitative approach. To collect data, researchers conducted in-depth interviews with 9 informants. Based on the results of research and data analysis that has been done, there are several Motives in using this application. In addition to the motives, also how the informants carried out the approach process by interacting either through online or meeting was also revealed. Keywords: Motives, Interactions, Tinder, and Phenomenology Hampir semua kebutuhan manusia saat ini tersedia dalam bentuk digital bahkan hingga masalah kebutuhan asmara. Apalagi dengan tinggginya mobilitas dan kesibukan tiap individu terutama dalam dunia perkerjaan, membuat beberapa dari kita kadang lupa atau bahkan tidak dapat menyempatkan diri mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan percintaan. Jadi bagaimana cara manusia saat ini dengan kesibukan yang menggunung tapi tetap dapat mencari kekasih? Salah satu solusi dari pertanyaan yang muncul dari masalah diatas adalah dengan menggunakan aplikasi online dating. Berbagai aplikasi yang tersedia di smartphone dapat diunduh pengguna sesuai dengan kebutuhannya. Tinder adalah aplikasi online dating yang telah dirancang sedemikian rupa untuk membantu pengguna menemukan calon pasangan potensial di area yang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dan interaksi yang dilakukan para pengguna Tinder itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alferd Schutz dengan paradigma kontruktivis dan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap 9 informan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, terdapat beberapa Motif dalam menggunakan aplikasi ini. Selain motif juga bagaimana para informan melakukan proses pendekatan dengan cara berinteraksi baik melalui online ataupun ketemuan juga diungkapkan. Kata Kunci : Motif, Interaksi, Tinder, dan Fenomenologi

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 19 018
NIM/NIDN Creators: 55216120029
Uncontrolled Keywords: Motif, Interaksi, Tinder, dan Fenomenologi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:27
Last Modified: 26 Mar 2022 08:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53716

Actions (login required)

View Item View Item