SHAFAUSSARIRAH, SHAFAUSSARIRAH (2024) PENGARUH KONTEN IDOL TREASURE DI SOSIAL MEDIA TWITTER (X) TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (782kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) |
|
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
Abstract
This study aims to determine whether or not there is an influence of idol Treasure content on Twitter social media on adolescent mental health, especially idol Treasure fans. Content is all things that can be managed in electronic format, content can be accessed through social media, one of which is Twitter. Content spread on social media can have an influence on a person's mental health, depending on the context of the content. because Treasure idol content is generally created by fans, agencies from Treasure idols, to members of Treasure idols themselves. Variable X in this research is Content with dimensions (Entertainment, Influence, Information, and Education). Variable Y in this study is Mental Health with dimensions (Potential Development Orientation, Classic Orientation, and Self-Adjustment Orientation). This research uses quantitative method of positivism paradigm. The population in this study are Treasure fans (Treasure Maker) aged 16-20 years old who also enjoy content from Treasure through Twitter social media accounts. Sampling using Non-Probability Sampling with Purposive technique, with a sample size of 100 fans. A questionnaire was used for the data collection technique. The data analysis technique used is simple linear regression analysis technique with the help of SPSS version 26. The results of data analysis obtained conclusions with the results of the t test results which show that t count 10.962> t table 1.290. So it can be stated that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. And the R Square result is 0.551 or 55.1% which explains that the mental health variable (Y) is influenced by the content variable (X) by 55.1%. Meanwhile, 44.9% of mental health is influenced by variables outside the model in this study. Keywords: Content, Mental Health, K-Pop, Twitter (X) Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari konten idol Treasure di sosial media Twitter (X) terhadap kesehatan mental remaja, terutama penggemar idol Treasure. Konten adalah semua hal yang dapat dikelola dalam format elektronik, konten dapat diakses melalui sosial media salah satunya yaitu Twitter (X). Konten yang tersebar di sosial media dapat memiliki pengaruh terhadap kesehatan mental seseorang, tergantung mengenai konteks dari konten tersebut. karena Konten idol Treasure pada umumnya dibuat oleh penggemar, agensi dari idol Treasure, hingga member dari idol Treasure itu sendiri. Variabel X pada penelitian ini yaitu Konten dengan dimensi (Hiburan, Mempengaruhi, Informasi, dan Edukasi). Variabel Y pada penelitian ini yaitu Kesehatan Mental dengan dimensi (Orientasi Pengembangan Potensi, Orientasi Klasik, dan Orientasi Penyesuaian Diri). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif paradigma positivisme. Populasi pada penelitian ini merupakan penggemar Treasure (Treasure Maker) berusia remaja 16-20 tahun yang juga menikmati konten-konten dari Treasure melalui akun sosial media Twitter (X). Pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive, dengan jumlah sampel 100 orang penggemar. Digunakan kuesioner untuk teknik pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 26. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan dengan hasil hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung 10.962 > t tabel 1,290. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil R Square sebesar 0.551 atau 55,1% yang menjelaskan bahwa variabel kesehatan mental (Y) dipengaruhi oleh variabel konten (X) sebesar 55,1%. Sedangkan 44,9% kesehatan mental dipengaruhi oleh variabel diluar model pada penelitian ini. Kata Kunci : Konten, Kesehatan Mental, K-Pop, Twitter (X)
Actions (login required)
View Item |