FEBRIANA, MARGARETHA EKA (2019) PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PROMOSI UMKM CUMI CRISPY DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu bagian dari perkonomian Indonesia. Masalah yang sering dihadapi oleh banyak UMKM adalah minimnya pengetahuan dan kompetensi kewirausahaan mengakibatkan rendahnya produktivitas usaha dan tenaga kerja. Hal tersebut juga tampak pada ketidakmampuan mereka dalam hal manajemen usaha, terutama dalam hal tata tertib pencatatan/pembukuan, juga dalam hal merancang strategi pemasaran. UMKM yang menjadi pilihan objek untuk memenuhi Tugas Akhir Peduli Negeri ini adalah Cumi Crispy, yang beralamat di jalan H. Saaba, Meruya Selatan. Usaha yang berada di jalan H. Saaba. Cumi Crispy ini berawal dari inisiatif pemiliknya untuk membuka usaha makanan ringan tetapi melihat pasar yang ada sudah terlalu banyak yang berjualan tahu krispi, jamur krispi, dan lain-lain. Berdasarkan hasil dari wawancara terdapat permasalahan yang dijelaskan pemilik, yaitu penjualan yang rendah, masih belum dikenal masyarakat sekitar, belum pernah mengadakan promosi, kemasan yang masih menggunakan Styrofoam, dan plagiat pada logo dan merek, terdapat impact atau akibat pada produk dari permasalahan tersebut menjadi minim pendapatan keuntungan dan tidak terbentuk brand image. Penulis menentukan empat strategi promosi penjualan untuk usaha Cumi Crispy, yaitu Promo Buy 3 Get 1, Promo Buy 2 Get 1 Edisi Valentine, Promo jajan minimal Rp 20.000 untuk mendapatkan gratis kalender, Promo mengumpulkan 3 sticker pada kupon yang akan mendapatkan gratis tas. Hasil dari kegiatan strategi promosi penjualan yang sudah ditentukan, penjualan meningkat karena adanya kegiatan tersebut. Dari hasil analisis kegiatan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan, UMKM juga perlu untuk menentukan strategi promosi penjualan dan melakukan penyegaran yang dapat dilakukan pada produk maupun atribut penjualannya. Selain itu UMKM sebaiknya harus memikirkan dan memiliki brand image (citra merek) sehingga mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Kata Kunci : UMKM, Brand Image, Meningkatkan Penjualan, Strategi Promosi
Actions (login required)
View Item |