ANALISIS PENGELOLAAN CONTENT MARKETING MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND EQUITY TANAMTUMBUH MEDIA (Studi Kasus: Akun Instagram @tanamtumbuh.media)

TRIFAMILI, GEMAS FEBY (2023) ANALISIS PENGELOLAAN CONTENT MARKETING MELALUI INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND EQUITY TANAMTUMBUH MEDIA (Studi Kasus: Akun Instagram @tanamtumbuh.media). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)

Abstract

The installation of a publication media is one of the things that people need to obtain various kinds of information according to the needs of each community. As a media institution, especially media publications that utilize communication technology with various online media channels, such as one of them, Tanammbuh Media, realizes the importance of creating profits to create content that is different from other online publication media. Tanamtumbuh Media creates a content focus that presents art and design en masse in Indonesia with an authentic visual presentation,simple, and minimalist, as wellcopy visual using standard Indonesian but still easy to understand by the public. In this study using the concept of integrated marketing communications,brand equity, andbrand activation. Researchers used the case study method with a qualitative descriptive approach as a data analysis technique in the study of online publication media, namely Tanamtumbuh Media in improvingbrand equity via social media Instagram. Researchers analyzed using the post-positivism paradigm with primary and secondary data sources obtained through interviews, observation, and documentation, and conducted data analysis according to Miles and Huberman and checked the validity of the data using source triangulation. Brand equity which was created by Tanamtumbuh Media is shown by presenting a mass marketing content regarding art and design in Indonesia which is packaged in an authentic and minimalist presentation supported by copy visual easy to understand.Brand equity of Tanammbuh Media itself is inseparable from the support of a media channel that covers a wide audience, namely social media such as Instagram which isbrand activation for Tanammbuh Media as social media that dominates in terms of publishing marketing content. Key Words:Brand Equity, Brand Activation, Tanamtumbuh Media. Instasi sebuah media publikasi merupakan salah satu hal yang masyarakat butuhkan untuk memperoleh berbagai macam informasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing masyarakat. Sebagai sebuah instasi media, khususnya media publikasi yang memanfaatkan teknologi komunikasi dengan berbagai saluran media online, seperti salah satunya Tanamtumbuh Media, menyadari akan pentingnya penciptaan keuntungan untuk membuat konten yang berbeda dari media publikasi online lainnya. Tanamtumbuh Media menciptakan sebuah fokus konten yang menyajikan seni dan desain secara masal di Indonesia dengan penyajian visual yang autentik, simple, dan minimalist, serta copy visual menggunakan bahasa Indonesia yang baku namun tetap mudah dimengerti oleh khalayak. Dalam penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran terpadu, brand equity, dan brand activation. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai teknik analisis data pada pengkajian media publikasi online, yakni Tanamtumbuh Media dalam meningkatkan brand equity melalui media sosial Instagram. Peneliti menganalisis menggunakan paradigma post positivisme dengan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan melakukan analisis data menurut Miles dan Huberman serta mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Brand equity yang diciptakan oleh Tanamtumbuh Media ditunjukkan dengan menyajikan sebuah konten marketing mengenai seni dan desain secara masal di Indonesia yang dikemas dengan penyajian yang autentik dan minimalist dengan didukung oleh copy visual yang mudah dipahami. Brand equity dari Tanamtumbuh Media sendiri tidak terlepas dari adanya penunjang sebuah saluran media yang mencakup khalayak luas, yakni seperti media sosial Instagram yang merupakan brand activation bagi Tanamtumbuh Media sebagai media sosial yang mendominasi dalam hal publikasi konten marketingnya. Kata-kata Kunci: Brand Equity, Brand Activation, Tanamtumbuh Media.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 23 001
Call Number: SK/43/23/014
NIM/NIDN Creators: 44319010020
Uncontrolled Keywords: Brand Equity, Brand Activation, Tanamtumbuh Media.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:06
Last Modified: 13 Mar 2023 02:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75014

Actions (login required)

View Item View Item