KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK REMAJA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELURAHAN BUGEL RT 01 DAN 02 KOTA TANGERANG

AMALIA, SHABRINA (2020) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK REMAJA DALAM PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI KELURAHAN BUGEL RT 01 DAN 02 KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover3.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Penggunaan smartphone bisa memberikan informasi dengan mudah terhadap remaja yang berstatus pelajar. Tetapi terkadang smartphone disalahgunakan dengan penggunaan smartphone secara berlebihan. Sehingga akan menyita banyak waktu, seperti waktu belajar berkurang dan dapat menggangu konsentrasi belajar. Hal ini dapat mengganggu motivasi belajar baik di sekolah maupun di rumah serta menghambat motivasi belajar untuk mencapai prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua mengkomunikasikan kepada anak – anak mereka dalam penggunaan smrartphone terhadap motivasi belajar. Komunikasi Interpersonal dapat terjalin dalam sebuah keluarga yang melibatkan komunkasi antara anak remaja dan orang tua khususnya Ibu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumupulan data wawancara mendalam dengan narsumber dan dilengkapi beberapa dokumentasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik keabsahan data yang digunakan tringulasi yaitu tringulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan orang tua dan anak menyadari adanya penurunan motivasi belajar semenjak adanya smartphone dikalangan pelajar. Orang tua memberikan fasilitas smartphone tanpa adanya pengarahan terlebih dahulu bagaimana penggunaan smartphone dengan bijak. Setelah mengalami penurunan motivasi belajar kemudian terjalinnya komunikasi, orang tua berdiskusi tentang dampak smartphone lalu memberikan tindakan dan arahan. Lalu anak menerima serta menuruti tindakan yang diberikan oleh orang tua Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Orang Tua & Anak Remaja, Smartphone

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 170
Call Number: SK/42/21/025
NIM/NIDN Creators: 44216010128
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Orang Tua & Anak Remaja, Smartphone
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:23
Last Modified: 25 Mar 2023 07:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73729

Actions (login required)

View Item View Item