IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EMPATIK DALAM MEMBANGUN RELASI SOSIAL (Studi Kasus Pada Remaja Kelurahan Keagungan Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat

AMELNAENI, ELVINA (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI EMPATIK DALAM MEMBANGUN RELASI SOSIAL (Studi Kasus Pada Remaja Kelurahan Keagungan Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Communication with empathy is important to be implemented in the process of buildingsocial connections especially for teenagers to create a feeling of appreciation for the other person when communicating with others. The study aims to know implementation, benefits and empathic communication barriers in building social connections. Theparadigm used in this study is post-positive, his research method of case studies by datagathering techniques through interviews. Research results of implementing empathiccommunication by becoming acquainted with many people, building ongoingrelationships, preparing for communication, identifying the person who is the person withwhom the person is talking, being a good listener and having an openness andappreciation of the other person's openness. If they are able to implement it, they will alsobenefit from having good communication capability, having broad social networks, andgetting new information and science that can be applied in the future, but to implement them are all the obstacles that must be overcome in response to poor responses, different people of character, unstable conditions and technological sophistication. Keywords: empathic communication; Social relations; teenagers Komunikasi empati itu penting untuk diimplementasikan dalam proses membangun relasi sosial terutama untuk remaja agar tercipta rasa untukmenghargai lawan bicara saat berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, manfaat dan kendala komunikasi empatik dalam membangun relasi sosial. Paradigma yang digunakan padapenelitian ini adalah post-positivise, metode penelitiannya yaitu studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian yaitucara mengimplementasikan komunikasi empatik adalah berkenalan denganbanyak orang, membangun hubungan berkelanjutan, melakukan persiapansebelum berkomunikasi, mengidentifikasi orang yang menjadi lawan bicara, menjadi pendengar yang baik serta memiliki sikap keterbukaan danmenghargai keterbukaan lawan bicara. Jika dapat mengimplementasikannyamaka akan mendapatkan manfaat juga yaitu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki jaringan sosial yang luas dan mendapatkan informasi serta ilmu baru yang dapat diterapkan di masa yang akan datang namun dalammengimplementasikannya ada berbagai kendala yang harus dilalui yaitumendapatkan respon yang kurang baik, karakter orang yang berbeda-beda, kondisi diri yang tidak stabil dan kecanggihan teknologi. Kata kunci : komunikasi empatik; relasi sosial; remaja

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 169
NIM/NIDN Creators: 44217110170
Uncontrolled Keywords: komunikasi empatik; relasi sosial; remaja
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.5 Relations of Individual to Society/Hubungan antara Individu dan Masyarakat
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362 Social Welfare, Problems and Services/Kesejahteraan Sosial, Permasalahan dan Layanan Sosial > 362.7 Problems and Services to Young People/Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:10
Last Modified: 17 Nov 2022 07:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71703

Actions (login required)

View Item View Item