PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM PADA UMKM KIKA CATERING (Periode September 2021 - Mei 2022)

LAKSONO, BAGAS PUTRA (2022) PEMBUATAN KONTEN DIGITAL MELALUI INSTAGRAM PADA UMKM KIKA CATERING (Periode September 2021 - Mei 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berdiri sendiri dan dilakukan secara perorangan atau badan usaha yang ada di sektor ekonomi. Salah satu Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang berkembang secara pesat adalah kuliner, karena kuliner berkaitan dengan kebutuhan pokok utama manusia yaitu makanan dan minuman. Di masa pandemi pemilik Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) harus bisa mengikuti digitalisasi dengan seiringnya berkembangnya teknologi di masa sekarang, salah satunya dengan menggunakan sosial media. Penulis dan tim akan melakukan pendampingan dalam penggunaan sosial media Instagram untuk mitra kami yaitu Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kika Catering. Memproduksi olahan makanan rumahan, kue dan snack, dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, mereka hanya melakukan penjualan secara offline. Hal ini dikarenakan pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kika Catering masih belum teredukasi dalam media sosial. Penulis beserta tim Tugas Akhir Peduli Negeri berdiksusi untuk membuat beberapa perencanaan di setiap jobdescnya masing-masing seperti penulis sebagai konten kreator yang bertugas membuat konten, dan memberikan tutoriral kepada mitra. Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kika Catering mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial Instagram untuk membangun bisnis. Online, penulis memiliki pekerjaan membuat konten. Hasil dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini, pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kika Catering yang sebelumnya tidak memiliki media sosial, saat ini sudah memiliki media sosial Instagram, gmail. Google location, dan linktree yang sudah terhubung dengan WhatssApp untuk keperluan order. Kontribusi untuk menginformasikan ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu, Konten adalah "sesuatu yang ingin diekspresikan melalui beberapa media, seperti menulis atau berbagai seni" untuk mengekspresikan diri, distribusi, pemasaran atau publikasi mengenai brand yang di pasarkan pada media tersebut untuk meningkatkan Awarness pada konten yang akan di posting melalui media yang sudah di pilih. Akun Instagram telah memposting sebanyak 69 Postingan, dengan jumlah follower sebanyak 769 dengan konten yang sudah di posting dengan berbagai macam konten. Kata Kunci: Konten Kreator, Media Sosial, UMKM Kika Catering

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 22 015
NIM/NIDN Creators: 44518010041
Uncontrolled Keywords: Konten Kreator, Media Sosial, UMKM Kika Catering
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:56
Last Modified: 26 Oct 2022 04:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70948

Actions (login required)

View Item View Item