ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TENTANG KONTEN FASHION HIJAB PADA AKUN INSTAGRAM @MEDICALIENS

KHAMALIYAH, RATU ANGGUN (2022) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TENTANG KONTEN FASHION HIJAB PADA AKUN INSTAGRAM @MEDICALIENS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)

Abstract

This research is motivated by the current development of hijab fashion, where @medicaliens provides a new color in the world of hijab fashion in Indonesia which creates a new paradigm in society. Instagram is currently an effective social media communication tool in conveying messages. @medicaliens uses Instagram social media to share their hijab fashion content. Therefore, researchers are interested in studying how the audience reception in hijab fashion content on the Instagram account @medicaliens. The purpose of this study is to find out the interpretation of the audience where in this case the followers of hijab fashion content on the Instagram account @medicaliens. This study uses a qualitative research approach with the Reception Study Analysis method using the criteria of media text readers, namely Dominant Hegemonic Readers, Negotiated Readers, and Opposition Readers. Reception analysis looks more at how the audience perceives media texts. The results of this study in general can be concluded that the audience's meaning of hijab fashion content on the @medicaliens Instagram account is in the Hegemonic Dominant category. The audience interprets that hijab can be a fashion trend of today's hijab that is favored by Muslim women. The existence of hijab fashion content can be used as inspiration for Muslim women to wear the hijab, and can also build self-confidence because they are motivated, so the content is worth following. Keywords: Fashion, Hijab, Instagram Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan fashion hijab saat ini, dimana @medicaliens memberikan warna baru dalam dunia fashion hijab di Indonesia yang membuat paradigma baru dalam masyarakat. Instagram saat ini menjadi alat komunikasi media sosial yang efektif dalam menyampaikan pesan. @medicaliens memanfaatkan media sosial Instagram untuk membagikan konten fashion hijabnya. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana resepsi khalayak dalam konten fashion hijab pada akun Instagram @medicaliens. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui interpretasi khayalak dimana dalam hal ini followers terhadap konten fashion hijab pada akun Instagram @medicaliens. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode Analisis Studi Resepsi menggunakan kriteria pembaca teks media yaitu Pembaca Hegemonic Dominan, Pembaca Negosiasi, dan Pembaca Oposisi. Analisis resepsi lebih melihat pada bagaimana khalayak mempersepsi teks media. Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa pemaknaan khalayak terhadap konten fashion hijab pada akun Instagram @medicaliens masuk ke dalam kategori Hegemonic Dominan. Khalayak memaknai bahwa hijab dapat menjadi trend fashion hijabmasa kini yang digemari oleh para wanita muslim. Adanya konten fashion hijab tersebut dapat dijadikan inspirasi wanita muslim untuk berhijab, dan juga dapat membangun rasa percaya diri karena termotivasi, sehingga konten tersebut layak untuk diikuti. Kata Kunci: Fashion, Hijab, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 141
NIM/NIDN Creators: 44218010022
Uncontrolled Keywords: Fashion, Hijab, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 640 Home Economic and Family Living Management/Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Keluarga > 646 Sewing Materials and Equipment, Clothing, Management of Personal and Family Life/Mesin Jahit dan Perlengkapan Menjahit, Pakaian, Management Pribadi dan Keluarga > 646.3 Clothing/Pakaian, Tata Busana, Mode Busana, Fashion
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 22 Oct 2022 04:47
Last Modified: 22 Oct 2022 04:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70761

Actions (login required)

View Item View Item