PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK DENGAN METODE BETH-PIPER STOP-AND-GO GENERATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DERET BILANGAN ACAK SEMU

SUSANTO, AGUS (2019) PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK DENGAN METODE BETH-PIPER STOP-AND-GO GENERATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DERET BILANGAN ACAK SEMU. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal agus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Along with the development of human civilization and rapid progress in the field of technology, computers have unwittingly played a role in the world of education, especially its use as a teaching aid. Computer learning software appears from a number of scientific disciplines, especially computer science and psychology. From computer science and mathematics programs appear that make all calculations and functions easier and more useful. Random numbers are rows of values that are random and cannot be predicted as a whole. Generating random numbers is a computational device that is designed to produce a sequence of values that cannot be easily guessed by a pattern, so that the sequence of values can be considered a random state. The generation of pseudo random numbers is an algorithm that produces a sequence of values where the elements depend on each value produced. This pseudo random number generator is often used in cryptography in the key formation process of cryptographic methods. Based on the method, this research is usually carried out by researchers in making decisions about the variables that will be used to determine policies in an organization. Beth-Piper Stop-and-Go Generator this uses output of one Linear Feedback Shift Register to control the clock from another Linear Feedback Shift Register. Linear Feedback Shift Register (LFSR) is a mechanism to produce binary bit sequences. The result of a random number from the Beth-Piper-Stop-And-Go generator depends on the clock of the generator. If the clock of the generator is zero, the output from the generator will be the same value. Keywords: Random numbers, Pseudo random number generator, LFSR. Seiring dengan perkembangan peradaban manusia dan kemajuan pesat di bidang teknologi, tanpa disadari komputer telah ikut berperan dalam dunia pendidikan terutama penggunaannya sebagai alat bantu pengajaran. Perangkat lunak pembelajaran dengan komputer muncul dari sejumlah disiplin ilmu, terutama ilmu komputer dan psikologi. Dari ilmu komputer dan matematika muncul program-program yang membuat semua perhitungan dan fungsi lebih mudah dan bermanfaat. Bilangan acak merupakan deretan nilai yang acak dan tidak dapat diprediksi secara keseluruhan. Pembangkit bilangan acak yaitu suatu peralatan komputasional yang dirancang untuk menghasilkan suatu urutan nilai yang tidak dapat ditebak polanya dengan mudah, sehingga urutan nilai tersebut dapat dianggap sebagai suatu keadaan acak. Pembangkit bilangan acak semu merupakan suatu algoritma yang menghasilkan suatu urutan nilai dimana elemen-elemennya bergantung pada setiap nilai yang dihasilkan. Pembangkit bilangan acak semu ini sering digunakan dalam kriptografi pada proses pembentukan kunci dari metoda kriptografi. Berdasarkan metode, penelitian ini biasanya dilakukan oleh peneliti dalam pengambilan keputusan tentang variable-variabel yang akan digunakan untuk menentukan kebijakan dalam suatu organisasi. Beth-Piper Stop-and-Go Generator ini menggunakan output dari satu Linear Feedback Shift Register untuk mengontrol clock dari Linear Feedback Shift Register lain. Linear Feedback Shift Register(LFSR) adalah suatu mekanisme untuk menghasilkan sekuens bit biner. Hasil bilangan acak dari Beth-Piper-Stop-And-Go generator ini tergantung pada clock dari generator. Jika clock dari generator bernilai nol maka hasil output dari generator akan bernilai sama. Kata kunci : Bilangan acak , Pseudo random number generator, LFSR.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 181
NIM/NIDN Creators: 41515010075
Uncontrolled Keywords: Bilangan acak , Pseudo random number generator, LFSR.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:22
Last Modified: 29 Aug 2022 08:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68624

Actions (login required)

View Item View Item