RANCANGAN STRATEGI PROMOSI MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DOLORDONUTSS DI MEDIA SOSIAL

SARTIKA, DAFA DEVIA (2022) RANCANGAN STRATEGI PROMOSI MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DOLORDONUTSS DI MEDIA SOSIAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover .pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak & Abstract.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB V)
07.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
08.BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)

Abstract

UMKM are described as business ventures run by individuals, households, or small business entities that are given the opportunity to get and create jobs as business owners, providing opportunities for people who want to earn extra money but cannot leave their daily activities, such as micro-enterprises. and small community-based businesses such as handicraft and culinary businesses among students and housewives. In the situation during the Covid 19 pandemic era, it indirectly had an impact and triggered a negative market reaction to the UMKM business. Thus reducing and inhibiting the growth of the UMKM market in Indonesia. But on the other hand, in pandemic era business people get convenience through social media and existing e-commerce platforms. UMKM businessmen are starting to change business fields to start actively using social media for the sake of selling and buying products. And Instagram is 3 of platforms and can make it easy for business people to market and promote their products. In this case conveying information on a dolordonuts product managed by housewives who still use word of mouth and need a promotional marketing strategy on Instagram to increase brand awareness in the ability of buyers to recognize that brand is a member of the product category, to instill the brand in the minds of consumers. UMKMcan use a brand activation strategy by doing social media activation photo or video trends, giveaways, and promotion activities to introduce products and help keep sales stable. Key Words: Social Media Instagram, Brand Awareness. UMKM digambarkan sebagai usaha bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil yang diberikan kesempatan untuk mendapatkan dan menciptakan lapangan kerja sebagai pemilik usaha, memberikan peluang bagi orang yang ingin mendapat uang tambahan tetapi tidak bisa meninggalkan kegiatan dan aktivitas hariannya misalnya usaha mikro dan kecil berbasis komunitas seperti usaha kerajinan tangan dan kuliner di kalangan mahasiswa dan ibu rumah tangga. Di dalam situasi pada era pandemi Covid 19 secara tidak langsung memiliki dampak dan memicu reaksi negatif pasar pada bisnis UMKM. Sehingga menurunkan dan menghambat pertumbuhan pasar UMKM di negara Indonesia. Namun disisi lain dengan adanya Pandemic para pembisnis mendapatkan kemudahan melalui media sosial dan platform e-commerce yang sudah ada. Para pembisnis UMKM mulai berganti bidang usaha hingga mulai aktif menggunakan sosial media demi berputarnya jual beli produk. Dan Instagram merupakan 3 dari platforms sosial media yang paling banyak digunakan dan dapat memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan serta mempromosikan produknya. Dalam hal ini menyampaikan informasi sebuah produk dolordonutss yang dikelola oleh ibu rumah tangga yang masih menggunakan komunikasi word of mouth dan membutuhkan strategi pemasaran promosi di Instagram untuk meningkatkan brand awareness dalam kemampuan pembeli untuk mengenali bahwa brand merupakan anggota dari kategori produk, untuk menanamkan merek dibenak konsumen, UMKM dapat menggunakan strategi brand activation dengan melakukan social media activation seperti membuat konten foto atau video yang sedang tren, giveaway, dan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk serta membantu penjualan agar tetap stabil. Kata Kunci: Social Media Instagram, Brand Awareness

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 055
Call Number: SK/43/22/019
NIM/NIDN Creators: 44318010063
Uncontrolled Keywords: Social Media Instagram, Brand Awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Amin Sujatmiko
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:44
Last Modified: 19 Oct 2022 03:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66685

Actions (login required)

View Item View Item