EFEKTIVITAS PESAN KAMPANYE INDONESIA TANPA PACARAN TERHADAP MENDORONG MINAT NIKAH MUDA DI KALANGAN GENERASI Z (Studi dilakukan pada Followers Akun Instagram @Indonesiatanpapacaran)

TRIDARMANINGRUM, NIKMAH AFIANA (2020) EFEKTIVITAS PESAN KAMPANYE INDONESIA TANPA PACARAN TERHADAP MENDORONG MINAT NIKAH MUDA DI KALANGAN GENERASI Z (Studi dilakukan pada Followers Akun Instagram @Indonesiatanpapacaran). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVERR.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)

Abstract

Seiring dengan berkembangnya dunia digital di Indonesia, Kampanye mengenai keagamaan mulai merambah pula ke media sosial. Salah satunya adalah akun @indonesiatanpapacaran yang memposisikan akunnya sebagai media syiar untuk anak muda menjauhi pacaran. Kegiatan akun ini tidak hanya dalam dunia digital namun juga merambah ke dunia nyata melalui bentuk aktualisasi diri para member akun @indonesiatanpapacaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Efektivitas pesan kampanye Indonesia Tanpa Pacaran terhadap Minat Nikah Muda bagi Generasi Z (Studi pada followers akun instagram @indonesiatanpapacaran). Penelitian ini bersifat kuantitatif Eksplanatif dengan menggunakan pendekatan penelitian survei. Peneliti menggunakan 100 responden sebagai sampel dengan Teknik Probabilitas Acak Sederhana (Morrisan, 2015) Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pesan kampanye akun Instagram Indonesia Tanpa Pacaran efektif mendorong minat nikah muda di generasi Z. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji analisis korelasi spearman sebesar 0,751 dari Critical Values (Rs) sebesar 0,197. Selain itu, terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y dari nilai positif yang dihasilkan dari uji tersebut. Kata Kunci: Pesan Kampanye, Sosial Marketing, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran dan Generasi Z

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 030
Call Number: SK/43/21/035
NIM/NIDN Creators: 44317110108
Uncontrolled Keywords: Pesan Kampanye, Sosial Marketing, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran dan Generasi Z
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 May 2022 04:21
Last Modified: 13 Mar 2023 08:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61813

Actions (login required)

View Item View Item