STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHANNEL YOUTUBE CEK & RICEK DALAM MEMPERKENALKAN CHANNEL BARU CEK & RICEK KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2019

MUREN, ANDRA REFINA (2020) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN CHANNEL YOUTUBE CEK & RICEK DALAM MEMPERKENALKAN CHANNEL BARU CEK & RICEK KEPADA MASYARAKAT TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)

Abstract

This study aims to determine the Marketing Communication Strategy of Youtube Cek & Ricek Channel in Introducing the New Channel Cekk & Ricek to the Public in 2019. The theory used in this research is the theory of marketing communication strategies namely informing the audience, determining the purpose of communication, reminding the target audience, persuading the audience target, choose the media. The research method used was descriptive qualitative by conducting structured interviews with informants. Sources of data used by researchers are information sourced from several informants interviewed by researchers, data collection is done through online interviews, online interviews are chosen based on agreement between the researcher and several informants, the researchers choose in accordance with the research researchers. The results of this study, it can be concluded that the selection of social media, more precisely youTube for its movement from print media to online media due to the development of the times that are increasingly growing. The three important things in marketing communication namely push strategy, pull strategy, and pass strategy have no effect in promoting the new youTube channel Cek & Ricek, because Cek & Ricek excellence for 21 years has made the company Cek & Ricek no difficulty in introducing the new youTube Cek & Ricek channel without using the three important things that are in marketing communication. From the description above it is clearly illustrated that the role of youTube channel as a promotional media plays a very important role to reach the Cek & Ricek tabloid readers whose publishers have stopped publishing and then try to be transferred to readers and viewers on the Cek & Ricek digital media platform. Keywords : Strategy, Marketing Communication, YouTube Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Channel Youtube Cek & Ricek Dalam Memperkenalkan Channel Baru Cek & Ricek Kepada Masyarakat Tahun 2019. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran yaitu menginformasikan kepada khalayak, menentukan tujuan komunikasi, mengingatkan khalayak sasaran, membujuk khalayak sasaran, memilih media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara terstruktur kepada narasumber. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah informasi yang bersumber dari beberapa narasumber yang peneliti wawancara, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara online, wawancara online dipilih atas dasar kesepakatan antarapeneliti dengan beberapa narasumber, yang peneliti pilih yang sesuai dengan penelitian peneliti. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemilihan media sosial, lebih tepatnya youTube atas perpindahannya dari media cetak ke media online dikarenakan perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang. Ketiga hal penting dalam komunikasi pemasaran yaitu push strategi, pull strategi, dan pass strategi tidak berpengaruh dalam mempromosikan channel youTube baru Cek & Ricek, dikarenakan keeksisan Cek & Ricek selama 21 tahun membuat perusahaan Cek & Ricek tidak kesulitan dalam memperkenalkan channel baru youTube Cek & Ricek tanpa menggunakan ketiga hal penting yang ada dalam komunikasi pemasaran. Dari uraian – uraian diatas tergambar jelas bahwa peran channel youTube sebagai media promosi memegang peran sangat penting untuk menjangkau pembaca tabloid Cek & Ricek yang telah dihentikan penerbitnya untuk kemudian coba dialihkan menjadi pembaca dan penonton di platform media digital Cek & Ricek. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, YouTube

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 013
NIM/NIDN Creators: 44316010081
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, YouTube
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 May 2022 07:17
Last Modified: 08 Feb 2023 08:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61271

Actions (login required)

View Item View Item