PENDAMPINGAN KONTEN KREATIF UNTUK MEDIA PROMOSI OFFLINE DAN ONLINE UMKM “BAKUL BOCAH” DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

SARI, EKA NANDA (2020) PENDAMPINGAN KONTEN KREATIF UNTUK MEDIA PROMOSI OFFLINE DAN ONLINE UMKM “BAKUL BOCAH” DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
07 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai warga Indonesia tentu pemandangan dan aktivitas kita sehari – hari tak lepas dari berbagai layanan dan barang hasil kreasi pelaku UMKM. Dimulai dengan aktivitas pagi hari ketika sarapan kita mencari bubur atau kue – kue makanan ringan yang dijual UMKM, membeli kebutuhan pokok di warung dekat rumah, sampai menitipkan anak di playgroup terdekat yang juga adalah UMKM. Banyaknya UMKM yang ada tentu membuat masyarakat susah membedakan UMKM yang satu dengan yang lainnya, apalagi jika UMKM tersebut menjual produk yang serupa. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat brand image yang berbeda dengan UMKM lainnya agar dapat membangun brand awareness masyarakat terhadap UMKM tersebut. Hal yang dilakukan penulis dalam kegiatan pendampingan ini adalah membuat desain logo, membuat desain untuk promosi pada media cetak dan luar ruang, membuat desain untuk kemasan produk, membuat strategi content marketing untuk sosial media, membuat desain untuk content marketing pada sosial media, serta memberikan pendampingan dan juga pelatihan kepada pemilik usaha. Kegiatan pendampingan dilakukan selama 2,5 bulan dan hasil dari kegiatan pendampingan yang dilakukan adalah penulis dapat membangun brand awareness masyarakat terhadap UMKM “Bakul Bocah” melalui content marketing yang telah dibuat pada media offline dan online. Kata Kunci : UMKM, Brand Awareness, Content Marketing, Desain As citizens of Indonesia, our daily views and activities are inseparable from the variety of services and goods created by UMKM. Starting with morning activities when we are looking for breakfast porridge or snacks sold by UMKM, buying basic necessities at stalls near the house, until leaving the children in the nearest playgroup which is also UMKM. The large number of UMKM certainly makes it difficult for people to distinguish one UMKM from another, especially if the UMKM sell similar products. One of the things that can be done is to create a brand image that is different from other UMKM in order to build community brand awareness of the UMKM. The things that the writers do in this mentoring activity are creating logo designs, making designs for promotion in print and outdoor media, making designs for product packaging, making content marketing strategies for social media, making designs for content marketing on social media, and providing assistance and also training for business owners. The mentoring activity was carried out for 2.5 months and the result of the mentoring activity carried out was that the writer could build community brand awareness of the "Bakul Bocah" through content marketing that had been made on offline and online media. Keywords: UMKM, Brand Awareness, Content Marketing, Design

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 20 017
NIM/NIDN Creators: 44316010022
Uncontrolled Keywords: UMKM, Brand Awareness, Content Marketing, Design
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 May 2022 02:51
Last Modified: 08 Feb 2023 08:47
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/61223

Actions (login required)

View Item View Item