ALIRAN INFORMASI ROOMS DIVISION DI PT.SARIARTHAMAS HOTEL INTERNATIONAL

NOVIANTI, ARINI (2021) ALIRAN INFORMASI ROOMS DIVISION DI PT.SARIARTHAMAS HOTEL INTERNATIONAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER TA - tobagando patar.pdf

Download (962kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - tobagando patar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

The flow of information in an organization is a dynamic process, in this process messages are constantly and continuously created, displayed and interpreted and takes place continuously. The flow of information within a company or organization of communication between people such as horizontal communication such as staff and staff or vertical communication between superiors and subordinates can understand the meaning conveyed by the communicator, so there will be a comfortable relationship. The theoretical concept that is relevant to this research refers to the information flow patterns as stated in R. Wayne Pace and Don F Faules (strategies to improve company performance) and the nature of information flow proposed by Gueztkow. This research uses descriptive research type with qualitative methods (case studies) and data analysis techniques data triangulation. The data used are primary data from interviews with sources and secondary data obtained by literature study and observations that are relevant to the problems studied. The result of the study shows that the flow of information in the room division in horizontal communication between employees and vertical communication is only limited to work, never out of context. Meanwhile, diagonal communication is only carried out when it is necessary to support the smooth operation of the company. The flow pattern used is the wheel pattern, where the Room Division Manager is the center of the collection of reports and information, however, the chain pattern also applies where any information or questions that each section wants to convey must go through its respective leader section. The distribution of messages is carried out simultaneously or sequentially with oral and written media. Keywords: Information Flow, Communication Patterns, Organizational Communicati Aliran informasi dalam suatu organisasi adalah suatu proses dinamik, dalam proses inilah pesan-pesan secara tetap dan berkesinambungan diciptakan, ditampilkan dan diinterprestasikan serta berlangsung terus menerus. Aliran informasi di dalam perusahaan atau organisasi komunikasi antar manusianya seperti komunikasi secara horizontal seperti staff dan staff maupun vertikal antara atasan dan bawahan bisa memahami makna yang di sampaikan komunikator maka akan ada sebuah hubungan yang nyaman. Konsep teori yang relevant dengan penelitian ini mengacu pada pola aliran informasi yang dikemukakan dalam R.Wayne Pace dan Don F Faules (strategi meningkatkan kinerja perusahaan) dan sifat aliran informasi yang dikemukakan oleh Gueztkow. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode kualitatif (studi kasus) dan teknik analisa data triangulasi data. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dengan narasumber dan untuk data sekunder diperoleh dengan studi pustaka dan observasi yang relevant dengan permasalahan yang di teliti. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Aliran Informasi di dalam Room Division dalam Komunikasi Horizontal antar sesama karyawan dan Komunikasi Vertikal dilakukan hanya sebatas pekerjaan tidak pernah diluar konteks. Sedangkan Komunikasi diagonal hanya dilakukan apabila diperlukan untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan. Pola aliran yang digunakan menggunakan yaitu pola roda, dimana Room Division Manager sebagai sentral dari pengumpulan laporan dan informasi, akan tetapi berlaku juga pola rantai dimana tiap informasi atau pertanyaan yang ingin disampaikan oleh tiap-tiap section harus melalui leader section nya masing-masing. Penyebaran pesan dilakukan secara serentak maupun berurutan dengan media lisan maupun tulisan. Kata Kunci : Aliran Informasi, Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215120070
Uncontrolled Keywords: Aliran Informasi, Pola Komunikasi, Komunikasi Organisasi
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:08
Last Modified: 19 Jun 2023 06:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58092

Actions (login required)

View Item View Item