ANALISA SELF DISCLOSURE (PENGUNGKAPAN DIRI) GENERASI MILENIAL PEREMPUAN KOTA TANGERANG DI INSTAGRAM STORY

KARTIKA, KARTIKA (2021) ANALISA SELF DISCLOSURE (PENGUNGKAPAN DIRI) GENERASI MILENIAL PEREMPUAN KOTA TANGERANG DI INSTAGRAM STORY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER - Kartika 14.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1 - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2 - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3 - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4 - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5 - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN - Kartika 14.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

New media present as a new means of enriching the variety of channels in communication in today's modern era. Social media is used as a means of communicating to share information, and one of them is conveying information about himself, this is related to self-disclosure. The phenomenon of self-disclosure carried out by the millennial generation of Tangerang city women through the Instagram story feature is something interesting to study. This research aims to find out the reasons, goals and find out how the millennial generation of women in Tangerang city responds to negative responses from followers on Instagram stories. The supporting concepts and theories in this research are communication, interpersonal communication, intrapersonal communication, self-concept, selfdisclosure, and social media. This study uses a qualitative approach with descriptive research type. The research method used is descriptive qualitative by conducting interviews with sources and observation by seeing and observing yourself through the Instagram story. Based on the results of the research, the reasons for conducting selfdisclosure are to disseminate information, pour out one's heart and the image that you want to display. The goal is to know yourself and others, know the outside world, create and maintain meaningful relationships, change attitudes and behavior, play and seek entertainment and help. Then the responses to the negative responses received are attention, needs, value systems that apply in a society and personality. Keywords: New Media, Social Media, Self-Disclosure and Instagram Story New media hadir sebagai sarana baru dalam memperkaya variasi channel dalam berkomunikasi pada era modern masa kini. Media sosial digunakan sebagai sarana berkomunikasi untuk membagikan informasi, dan salah satunya menyampaikan informasi mengenai dirinya, hal tersebut berhubungan dengan self disclosure (pengungkapan diri). Fenomena pengungkapan diri yang dilakukan generasi milenial perempuan kota Tangerang melalui fitur instagram story menjadi sesuatu yang menarik untuk dikaji Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan, tujuan dan mengetahui bagaimana generasi milenial perempuan kota Tangerang ketika merespon tanggapan negatif dari pengikutnya di instagram story. Konsep dan teori pendukung dalam penelitian ini yaitu komunikasi, komunikasi intrapribadi, komunikasi antarpribadi, konsep diri, self disclosure, dan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada narasumber dan observasi dengan melihat dan mengamati sendiri melaui instagram story. Berdasarkan hasil penelitian alasan melakukan self disclosure yaitu untuk menyebarkan informasi, mencurahkan isi hati dan citra yang ingin ditampilkan. Tujuannya adalah untuk mengenal diri sendiri dan orang lain, mengetahui dunia luar, menciptakan dan memelihara hubungan menjadi bermakna, mengubah sikap dan perilaku, bermain dan mencari hiburan dan membantu. Kemudian tanggapan atas respon negatif yang diterima yaitu perhatian, kebutuhan, sistem nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat dan kepribadian. Keywords: New Media, Media sosial, Self Disclosure dan Instagram Story

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216110063
Uncontrolled Keywords: New Media, Media sosial, Self Disclosure dan Instagram Story
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:49
Last Modified: 16 Mar 2022 03:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58074

Actions (login required)

View Item View Item