NABELLA, NABELLA (2021) GAYA HIDUP DAN LOYALITAS PENGGEMAR K-POP PADA GENERASI MILENIAL (Studi Fenomenologi Pada Generasi Milenial). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
Cover sd Daftar Isi - Nabella - Nabella Bela.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
BAB I - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (BAB II)
BAB II - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab IV - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB V)
Bab V - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran - Nabella - Nabella Bela.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Fenomena demam musik K-Pop atau Korean Pop saat ini sangat dirasakan oleh masyarakat di Indonesia, terutama pada generasi milenial.Berkat popularitas tersebut membuat individu mengidolakannya sehingga biasa disebut sebagai penggemar. Penggemar K-Pop dikenal dengan sikap yang selalu berlebihan, histeris dan konsumtif jika berhubungan dengan idola nya. Gaya hidup para penggemar K-Pop yang selalu dikaitkan dengan budaya Korea merupakan efek dari kecintaan nya terhadap K-Pop atau idola nya tersebut. Dan juga para penggemar K-Pop biasanya memiliki sikap yang loyalitas untuk mendukung idolanya. Maka dari itu, peneliti tertarik meneliti tentang gaya hidup dan loyalitas penggemar K-Pop pada generasi milenial. Sehingga peneliti bisa mengetahui bagaimana gaya hidup dan loyalitas para penggemar K-Pop. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi fenomenologi. Fenomenologi yang digunakan yaitu fenomenologi Alfred Schutz, dimana analisis fenomenologi yaitu motif, kesadaran, dan perilaku. Paradigma yang digunakan yaitu konstruktivis. Subjek penelitian ini terdiri dari 7 orang informan yang menyukai K-Pop lebih dari 1 tahun serta aktif dan bergabung dengan fandom baik resmi atau tidak. Hasil penelitian ini terdapat empat motif yang dirasakan para informan saat awal menyukai K-Pop. Motif menyukai K-Pop berpengaruh kepada para informan memaknai K-Pop, selain itu kesadaraan para informan menyukai K-Pop terlihat dari para informan beraktivitas atau menghabiskan waktu, minat dan berpendapat tentang K-Pop. Kesimpulan dari penelitian ini mereka menyadari adanya perbedaan dari gaya hidup dan loyalitas seorang penggemar K-Pop pada generasi milenial. Kata Kunci : Fenomenologi, Gaya Hidup, Loyalitas, Motif, Makna.
Actions (login required)
View Item |