GAYA HIDUP DAN LOYALITAS PENGGEMAR K-POP PADA GENERASI MILENIAL (Studi Fenomenologi Pada Generasi Milenial)

NABELLA, NABELLA (2021) GAYA HIDUP DAN LOYALITAS PENGGEMAR K-POP PADA GENERASI MILENIAL (Studi Fenomenologi Pada Generasi Milenial). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Cover sd Daftar Isi - Nabella - Nabella Bela.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran - Nabella - Nabella Bela.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena demam musik K-Pop atau Korean Pop saat ini sangat dirasakan oleh masyarakat di Indonesia, terutama pada generasi milenial.Berkat popularitas tersebut membuat individu mengidolakannya sehingga biasa disebut sebagai penggemar. Penggemar K-Pop dikenal dengan sikap yang selalu berlebihan, histeris dan konsumtif jika berhubungan dengan idola nya. Gaya hidup para penggemar K-Pop yang selalu dikaitkan dengan budaya Korea merupakan efek dari kecintaan nya terhadap K-Pop atau idola nya tersebut. Dan juga para penggemar K-Pop biasanya memiliki sikap yang loyalitas untuk mendukung idolanya. Maka dari itu, peneliti tertarik meneliti tentang gaya hidup dan loyalitas penggemar K-Pop pada generasi milenial. Sehingga peneliti bisa mengetahui bagaimana gaya hidup dan loyalitas para penggemar K-Pop. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi fenomenologi. Fenomenologi yang digunakan yaitu fenomenologi Alfred Schutz, dimana analisis fenomenologi yaitu motif, kesadaran, dan perilaku. Paradigma yang digunakan yaitu konstruktivis. Subjek penelitian ini terdiri dari 7 orang informan yang menyukai K-Pop lebih dari 1 tahun serta aktif dan bergabung dengan fandom baik resmi atau tidak. Hasil penelitian ini terdapat empat motif yang dirasakan para informan saat awal menyukai K-Pop. Motif menyukai K-Pop berpengaruh kepada para informan memaknai K-Pop, selain itu kesadaraan para informan menyukai K-Pop terlihat dari para informan beraktivitas atau menghabiskan waktu, minat dan berpendapat tentang K-Pop. Kesimpulan dari penelitian ini mereka menyadari adanya perbedaan dari gaya hidup dan loyalitas seorang penggemar K-Pop pada generasi milenial. Kata Kunci : Fenomenologi, Gaya Hidup, Loyalitas, Motif, Makna.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215110020
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Gaya Hidup, Loyalitas, Motif, Makna.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:20
Last Modified: 15 Mar 2022 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57980

Actions (login required)

View Item View Item