PERSONAL IMAGE BRANDING PUBLIC FIGURE DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS AKUN INSTAGRAM ANNOUNCER CNN INDONESIA: ALFIAN RAHARDJO)

RAHAYU, NIKEN PRATININGTIAS (2019) PERSONAL IMAGE BRANDING PUBLIC FIGURE DALAM MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS AKUN INSTAGRAM ANNOUNCER CNN INDONESIA: ALFIAN RAHARDJO). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
01] COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04] ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02] LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03] LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05] KATA PENGANTAR.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06] DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07] DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08] BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
09] BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
10] BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB IV)
11] BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
12] BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13] DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14] LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)

Abstract

Media sosial sedang berkembang pesat dizaman globalisasi, public figure pun sedang berlomba-lomba untuk membangun personal branding yang ia miliki melalui media sosial. Personal branding sangat penting untuk dibangun, terutama bagi tokoh publik. Dengan adanya personal branding yang kuat, para tokoh publik akan mendapatkan reputasi dan kepercayaan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Memilih Alfian Rahardjo sebagai subjek penelitian, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana personal branding dari tokoh publik di Indonesia itu. Personal branding cenderung merupakan cara menentukan siapa diri kita yang sebenarnya. Dengan demikiann, personal branding muncul dari komponen utama yang dapat dijadikan sebagai bahan personal brand seseorang, diantranya : nilai, kemampuan dan keterampilan, perilaku, penampilan,, keunikan, prestasi, kekuatan, otentik, dan tujuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan wawancara kepada 5 narasumber (tokoh publik, istri, teman sesama profesi, dan 2 followers) dan observasi mendalam. Paradigma yang dipakai adalah konstruktivisme, dengan pendekatan kualitatif tipe desriptif studi kasus. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Alfian Rahardjo memperkenalkan kepada masyarakat bahwa beliau adalah seorang anchor yang sudah berusia tetapi tetap mempunyai eksistensinya di dalam media sosial instagram. Selain itu, dalam sisi lain Alfian menonjolkan bahwa suatu sisi lain yang berbeda dimana masyarakat menilaii Alfian sebagai news anchor CNN Indonesia, beliau ingin memperlihatkan bahwa beliau juga seorang public figure, seorang ayah dan suami yang sayang kepada keluarganya yang dikonseptualisasikan dalam media sosial instagramnya Kata Kunci : Personal branding, pubic figure, media sosial instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 253
NIM/NIDN Creators: 44215010070
Uncontrolled Keywords: Personal branding, pubic figure, media sosial instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.3 Museum Equipment, Furniture, Furnishings/Perlengkapan Museum, Perabotan Museum
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 08 Feb 2022 12:33
Last Modified: 03 Mar 2023 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55639

Actions (login required)

View Item View Item