PENERAPAN METODE SERVQUAL DAN QUALITY OF DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERCUBUANA KAMPUS MERUYA

SAPUTRA, RAHMAT (2019) PENERAPAN METODE SERVQUAL DAN QUALITY OF DEPLOYMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MERCUBUANA KAMPUS MERUYA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEDOMAN TESIS)
5. Pedoman Tesis.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
6. Kata Pengantar.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar Isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
9. Daftar Gambar.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
11. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB 2)
12. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB 3)
13. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text (BAB 4)
14. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
15. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB 6)
16. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
17. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan merupakan unsur utama dalam pencapaian suatu keberhasilan organisasi perpustakaan, karena pelayanan perpustakaan merupakan bagian yang berhubungan langsung dengan pengguna atau konsumen dalam penyebaran informasi serta pemanfaan jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan.. Penelitian ini menjelaskan suatu system yang terstruktur untuk mengatasi permasalahan yang dimilki oleh manajemen perpustakaan Universitas Mercubuana Kampus Meruya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Servqual yaitu metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan dari atribut masing-masing dimensi, sehingga akan diperoleh nilai gap (kesenjangan) yang merupakan selisih antara persepsi konsumen terhadap layanan yang telah diterima dengan harapan terhadap yang akan diterima dan Metode Quality Function Deployment yaitu metode terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk untuk menetapkan spesifikasi keinginan dan kebutuhan konsumen. Dimensi yang paling besar kesenjangannya yaitu dimensi Assurance. Nilai dimensi Assurance sebesar -0.375 menunjukkan ketidakpuasan terhadap kualitas pelayanan yang antara lain: Karyawan tanggap dalam membantu konsumen dan Karyawan memberikan informasi dengan detail dan lengkap. Atribut kesiagaan petugas kebersihan memperoleh gap sebesar -0.4 memberikan kontribusi cukup besar terhadap gap dari dimensi Assurance. Atribut yang paling besar kesenjangannya adalah Atribut Kelengkapan koleksi Buku dengan kesenjangan sebesar -0.43. Penambahan koleksi perpustakaan menjadi kebutuhan teknik dengan tingkat perbaikan tertinggi dengan weight importance sebesar 184,04. Untuk permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pihak manajemen. Salah satunya dengan menggunakan koleksi buku digital, baik berbayar ataupun gratis. Kata kunci: SERVQUAL, QFD, Perpustakaan

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/553. 19 019
NIM/NIDN Creators: 55315110037
Uncontrolled Keywords: SERVQUAL, QFD, Perpustakaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.1-020.9 Standard Subdivisions of Library and Information Sciences/Subdivisi Standar Dari Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.5 General Publications/Terbitan Berseri, Berkala Umum Ilmu Perpustakaan dan Ilmu Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.1-020.9 Standard Subdivisions of Library and Information Sciences/Subdivisi Standar Dari Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.6 Organization of Libraries/Organisasi di Bidang Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.1-020.9 Standard Subdivisions of Library and Information Sciences/Subdivisi Standar Dari Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 020.7 Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Jan 2022 13:35
Last Modified: 18 Apr 2022 01:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53742

Actions (login required)

View Item View Item