RAHMAN SAFITRI, FAHRIANGGI (2020) PELAKSANAAN PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT AUDIOVISUAL APLIKASI POLISIKU SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI EKSTERNAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. Surat Pernyataan Karya Sendiri.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (BAB II)
10. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
11. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text (BAB IV)
12. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
||
Text (BAB V)
13. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
Abstract
Public Service Advertising (Public Service Anniversary) is one of the products produced by Public Relations that serves as a medium of information, communication and promotion. The development of technology today is increasingly advanced and rapid, as well as the wider needs of information in the community, thus making organizations or companies want the presentation of information that is effective, accurate and interesting in terms of the appearance and content of the contents therein. The author makes the design of Public Service Advertisements with the title "My Police Is Closer to the Community". The method chosen as the medium for delivering messages or information is Public Service Announcements (PSA). Public Service Announcements (PSA) are advertisements that are used to convey information, invite or educate audiences, where the ultimate goal is not to gain economic benefits, but rather social benefits. A good ad production can not run smoothly without the role of the cameraman in the placement of the camera position or a good shot for the viewer's eyes. Based on the design that will be carried out, it can be concluded that the progress of communication technology currently influences the public to utilize technology to obtain the information needed, for that writer who acts as executor, is responsible for the process of recording (taking) pictures in the production work as well as the process of editing ads to be able to presenting an interesting story and touching the emotions of the audience through picture after picture recorded in the camera. Keywords: Public Relations, Communication, Persuasive, Audiovisual, Public Service Announcements. Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucment) merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh Public Relations yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi dan promosi. Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan pesat, serta semakin luasnya kebutuhan informasi pada masyarakat, sehingga membuat organisasi atau perusahaan menginginkan penyajian informasi yang efektif, akurat dan menarik dari segi tampilan maupun isi konten didalamnya. Tujuan penulisan ini adalah membuat Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Annoucment) audiovisual agar dapat menjadi daya tarik yang efektif, terutama dalam penyampaian informasi. Penulisan ini tidak hanya sekedar membuat dan memproduksi iklan layanan masyarakat saja, penulisan ini juga berisikan evaluasi yang dilakukan, agar produk yang dihasilkan efektif dan sesuai ekspektasi dari pihak terkait baik internal maupun eksternal. Bentuk iklan layanan masyarakat audiovisual menjadi salah satu bentuk iklan layanan masyarakat yang diminati oleh perusahaan maupun organisasi, karena dapat diunggah dan diakses dimana saja. Selain itu, DIV TIK Polri telah meluncurkan aplikasi “Polisiku”, yaitu aplikasi perantara bantuan polisi kepada masyarakat. Penulis membuat perancangan Iklan Layanan Masyarakat dengan judul ”PolisiKu Lebih Dekat Dengan Masyarakat”. Metode yang dipilih sebagai media penyampaian pesan atau informasi ini adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM). Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi, mengajak atau mendidik khalayak, di mana tujuan akhir bukan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, melainkan keuntungan sosial. Sebuah produksi iklan yang baik tidak akan bisa berjalan lancar tanpa adanya peran juru kamera dalam penempatan posisi kamera atau shot yang baik bagi pandangan mata penontonnya. Berdasarkan perancangan yang akan dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi komunikasi saat ini mempengaruhi masyarakat untuk memanfaatkan teknologi guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan, untuk itu penulis yang berperan sebagai eksekutor, bertanggungjawab dalam proses perekaman (pengambilan) gambar di dalam kerja produksi serta proses editing iklan untuk dapat menghadirkan cerita yang menarik dan menyentuh emosi penonton melalui gambar demi gambar yang direkamnya di dalam kamera. Kata Kunci : Public Relations, Komunikasi, Persuasif, Audiovisual, Iklan Layanan Masyarakat
Actions (login required)
View Item |