MANAJEMEN MEDIA SOSIAL LINTAS PLATFORM: STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS METRO TV DALAM MENCIPTAKAN EXTERNAL STAKEHOLDERS ENGAGEMENT

FAUZY, AHMAD (2020) MANAJEMEN MEDIA SOSIAL LINTAS PLATFORM: STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS METRO TV DALAM MENCIPTAKAN EXTERNAL STAKEHOLDERS ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN ORIGINALITAS SKRIPSI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)

Abstract

Selain menghadirkan kecepatan, aktualitas serta berita yang komperhensif dalammeningkatkan jumlah viewership, pekerjaan rumah yang juga dihadapi Metro TV dalam eradisrupsi adalah memupuk brand love, meningkatkan derajat kepercayaan, menjaga loyalitas danmembangun kedekatan personal antara perusahaan dengan external stakeholder melalui aktivitas cyber public relations (CPR) dengan pengintegrasian sejumlah platform media sosial, agar terciptainteraksi daring kredibel sehingga memiliki efek signifikan terhadap ekosistem bisnis. Untuk itupenelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui dan mendeskripsikan manajemen media sosial lintas platform yang dilakukan Metro TV dalam mengimplementasikan cyber public relations untuk menciptakan external stakeholders engagement. Sejumlah konsep dan teori yang menjadi refrensi dalam penelitian ini diantaranya: konsepcyber public relations, teori media baru, konsep engangement media sosial, external stakeholder relations, manajemen media sosial dan konsep implementasi startegi CPR. Sebagai bagian dari metodologi, penelitian ini menggunakan paradigma post positivistikdengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sementara itu data diperoleh melalui 2 cara yakni observasi dan proses wawancara mendalam yang melibatkan 3 orang informan. Hasil penelitian menujukan bahwa dalam realisasinya program cyber public relations MetroTV merupakan program kolaborasi bersama divisi digital promotion yang memanfaatkan integrasi 2 platform media sosial utama yakni Instagram dan Twitter untuk tujuan diseminasi publikasi, mitigasi krisis, edukasi, kampanye dan interaksi (engagement) dengan publik target. Tahapanmanajemen media sosial meliputi: praproduksi, produksi dan pasca-produksi. Produksi kontenyang relevan dan pelibatan internal key opinion leader (KOL) turut menjadi upaya untukmengaktivasi percakapan dalam ranah media sosial. Kata Kunci: Cyber Public Relations, External Stakeholders Engagement, Social Media

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 080
Call Number: SK/42/21/048
NIM/NIDN Creators: 44215120066
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations, External Stakeholders Engagement, Social Media
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300.1-300.9 Standard Subdivisions of Social Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu-ilmu Sosial > 300.6 Organization and Management/Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:22
Last Modified: 24 Mar 2023 01:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51263

Actions (login required)

View Item View Item