ADYATMA, MUHAMMAD RIFQI FAUZAN (2021) STRATEGI PENYAMPAIAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf Download (824kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Competition between large companies and small businesses such as Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) is unavoidable.MSME owners have a lack of knowledge, funding, and time that prevent them. Content marketing through social media TikTok is now an option. The purpose of this study is to determine the model of the strategy for delivering messages through social media TikTok carried out by MSME actors referring to the rhetorical communication theory. This research used a qualitative approach with a case study method and using an interpretive paradigm. Data collection by interviewing eight MSME owners who use TikTok as a tool of marketing. The results show that the content delivered is related to the target market, the way of delivering messages prioritized the quality of content and interaction, the intensity of uploads that were different for each MSME owners. The marketing communication message delivery model is carried out starting with a problem to increase awareness and sales, then formulating ideas, compiling content, to video production and uploads. Keywords: Message Delivery Strategy, Rhetorical Theory, MSMEs, Social Media, TikTok Persaingan antara perusahaan besar dengan bisnis kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tidak dapat dihindari. Mengutip dari penelitian sebelumnya, Pelaku UMKM memiliki kekurangan pengetahuan, pendanaan dan waktu yang menghambat untuk melakukan komunikasi pemasaran. Pemasaran konten melalui media sosial TikTok saat ini menjadi pilihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model strategi penyampaian pesan melalui media sosial TikTok yang dilakukan oleh pelaku UMKM mengacu pada teori komunikasi retorika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan menggunakan paradigma interpretif. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai delapan pelaku UMKM yang menggunakan TikTok sebagai sarana komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan konten yang disampaikan berkaitan pada target pasar, cara penyampaian pesan mengutamakan kualitas konten dan interaksi, serta intensitas unggahan yang berbeda setiap pelaku UMKM. Model penyampaian pesan komunikasi pemasaran yang dilakukan yaitu diawali dari suatu masalah untuk meningkatkan awareness dan penjualan, lalu menyusun ide, menyusun konten, hingga produksi dan pengunggahan video. Kata Kunci: Strategi Penyampaian Pesan, Teori Retorika, UMKM, Media Sosial, TikTok
Actions (login required)
View Item |