KESUKSESAN ZULKIFLI HASAN DALAM PEMILIHAN KETUA UMUM PARTAI AMANAT NASIONAL PERIODE 2015-2020 (Studi Kasus Pemasaran Politik Pada Kongres IV PAN)

WAHHAB, BAKHTIAR ABDUL (2018) KESUKSESAN ZULKIFLI HASAN DALAM PEMILIHAN KETUA UMUM PARTAI AMANAT NASIONAL PERIODE 2015-2020 (Studi Kasus Pemasaran Politik Pada Kongres IV PAN). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
1. JUDUL TESIS.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (251kB)
[img] Text (Lembar Pernyataan)
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Lembar pengesahan)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB I)
7. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB II)
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (BAB III)
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (Lampiran)
13. lAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan sumber daya untuk mencapai kemenangan dalam kontestasi pemilihan ketua umum Partai Amanat Nasional periode 2015-2020 di kongres IV PAN yang dilakukan oleh Zulkifli Hasan dan tim suksesnya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaiman peran pemasaran politik dan faktor yang menjadi latar belakang dalam kesuksesan Zulkifli Hasan sebagai ketua umum PAN. Narasumber yang dilibatkan adalah Zulkifli Hasan, Muhammad Najib dan Barra Hasibuan sebagai tim sukses Zulkifli Hasan serta Viva Yoga Mauladi sebagai pengarah kongres PAN. Pembentukan tim sukses dengan metode kolektif, kolaboratif dan terbuka sebagai strategi komunikasi, dan kegiatan promosi yang fokus pada metode penjualan langsung menjadi faktor penting karena terkait dengan asas dan historis PAN yang kental dengan budaya persaudaraan Muhammadiyah yang mengedepankan silaturahmi. Positioning “Revitalisasi, Reunifikasi dan Regenerasi” menjadi alat penentu yang membedakan Zulkifli Hasan dengan Hatta Rajasa sebagai kompetitor. Penelitian ini juga mengkaji tentang strategi pemasaran politik push, strategi pemasaran politik pass dan strategi pemasaran politik pass sebagai konsep pemasaran politik dalam kontestasi di kongres IV PAN. Faktor yang menjadi latar belakang kemenangan Zulkifli Hasan adalah ketokohan Zulkifli Hasan dan pengaruh good local strongmen PAN yaitu Amien Rais yang membuat tradisi tidak tertulis tentang sistem kepemimpinan PAN.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-18-046
NIM/NIDN Creators: 55215120065
Uncontrolled Keywords: pemasaran politk, komunikasi politik, kongres IV PAN, Zulkifli Hasan, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rokhyudi
Date Deposited: 17 Dec 2021 06:42
Last Modified: 21 Jun 2022 02:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/45903

Actions (login required)

View Item View Item