MERIYANA, DWI (2018) PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN CUSTOMER PADA PROSEDUR KLAIM ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR DI PT PAN PACIFIC INSURANCE CABANG JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG SKRISPI _ PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
06.DAFTAR TABEL.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
07.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB II)
08.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text (BAB III)
09.BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) |
||
Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text (BAB V)
11.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Persaingan dunia asuransi saat ini semakin ketat, Perusahaan asuransi di seluruh Indonesia dituntut untuk dapat bersaing secara baik. Dalam hal tersebut PT Pan Pacific Insurance mengedepankan performa pada bagian klaim. Bagian klaim yang berhadapan langsung dengan customer adalah seorang customer service. Tugas seorang customer service dituntut untuk melayani, mengatasi keluhan customer, memberikan informasi yang dibutuhkan oleh customer, serta memberikan pemahaman kepada customer mengenai prosedur klaim asuransi kendaraan bermotor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep kompetensi komunikasi menurut Brian Spitzberg dan William Cupach yang menjelaskan tiga komponen kompetensi komunikasi, yaitu pengetahuan, keterampilan dan motivasi. Sedangkan untuk tingkat pemahaman menurut Siewart L. Tubbs & Sylvia Moss, Pemahaman adalah penerimaan yang cermat atas isi pesan yang disampaikan oleh komunikator untuk mengubah sikap pada komunikan. Terjadinya pemahaman menghasilkan suatu situasi dimana komunikator dan komunikan memiliki persamaan persepsi. Tipe penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Eksplanatif. Metode penelitian yang dipilih menggunakan metode survey dengan penyebaran kuesioner kepada responden, yaitu customer PT Pan Pacific Insurance cabang Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari hasil data yang telah dilakukan menunjukan bahwa variabel kompetensi komunikasi customer service secara keseluruhan menghasilkan respon positif yang dibuktikan melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0,730, angka ini menunjukan hubungan yang kuat antara kompetensi komunikasi customer service dengan tingkat pemahaman customer, artinya jika Kompetensi Komunikasi customer service nya meningkat maka Tingkat Pemahaman customer tentu bertambah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kompetensi komunikasi customer service berpengaruh terhadap tingkat pemahaman customer di PT Pan Pacific Insurance cabang Jakarta Selatan.
Actions (login required)
View Item |